Jumat, 21 Juni 2013

Awas! Kebiasaan Ini Picu Tubuh Jadi Bungkuk

INILAH.COM,Jakarta - Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa melakukan kebiasaan sehari-hari bisa berpengaruh pada pembentukan postur tubuh.

Dilansir Time of Indoa, berikut beberapa kebiasaan yang bisa memicu tubuh menjadi bungkuk, seperti dipaparkan ahli fisioterapi dr Tina Mahendrakar...

Pilihan berbusana

Pemakaian baju dan sepatu yang kurang tepat juga bisa memberi efek negatif pada postur Anda. Wanita yang sering jalan menggunakan sepatu berhak tinggi dan tipis (stiletto), lebih berisiko mengalami gangguan pada postur.

Selain high heels, mengenakan boots, baju ketat, jeans berpotongan pinggang rendah dan belt besar juga bisa mengakibatkan postur tubuh yang buruk. Dr Tina menyarankan, jika Anda mengenakan sesuatu yang kurang nyaman, tubuh akan mengalami perubahan pusat gravitasi sehingga posturnya cenderung bungkuk, condong ke depan, miring atau perut yang maju.

Kurang asupan nutrisi

Tulang punggung dan belakang memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kuat dan tegap. Kekurangan nutrisi serta minimnya asupan vitamin dan kalsium bisa membuat tulang dan otot tidak cukup kuat dan fleksibel untuk membentuk postur tubuh yang sempurna.

Sering menahan rasa sakit

Ketika merasakan sakit di otot punggung, leher atau bagian tubuh manapun, Anda cenderung akan membentuk posisi melingkar atau meringkuk untuk menahan rasa sakit. Jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, bisa menjadi kebiasaan.

Saat merasakan sakit di perut, kepala atau bagian lainnya, usdahakan tidak menahannya dengan cara meringkuk. Tapi terlentang. Segera konsultasikan ke dokter apabila rasa sakit tak kunjung hilang.

Pekerjaan

Orang-orang yang bekerja di belakang meja, cenderung sering memajukan leher dan kepalanya ke depan, juga membungkukkan badan. Faktor ini akan mengurangi kemampuan tubuh untuk menjaga posisi tulang belakang tetap lurus dan tegap.

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2002214/awas-kebiasaan-ini-picu-tubuh-jadi-bungkuk