Senin, 10 Juni 2013

Asparagus Ampuh Atasi Hipertensi?

OKEHEALTH | DETAIL NATURAL HEALING
Helmi Ade Saputra - Okezone
Minggu, 9 Juni 2013 23:08 wib

detail berita

Konsumsi asparagus (Foto: Google)

ASPARAGUS merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan serat vitamin A dan C yang merupakan sumber bagi vitamin B folat. Namun ada alasan lain yang bisa membuat Anda memulai mengonsumsi asparagus.
 
Para peneliti di Jepang melakukan percobaan dengan memberikan diet 5 persen asparagus kepada tikus yang memiliki tekanan darah tinggi. Setelah 10 pekan, tikus yang diberikan asparagus memiliki tekanan darah lebih rendah daripada tikus yang tidak.
 
Lebih lanjut, dalam penelitian ini juga menunjukkan tikus-tikus yang diberikan asparagus juga memiliki protein lebih sedikit dalam urin mereka. Hal ini merupakan penanda ginjal yang sehat. Selain itu, pada tikus-tikus terdapat enzim angiotensin-converting yang digunakan untuk mengobati hipertensi pada manusia.
 
Kemudian para peneliti dari Jepang berpikir senyawa yang ditemukan dalam asparagus yang disebut 2"-hydroxynicotianamine, bertanggung jawab untuk menghambat kegiatan ACE pada tikus.
 
"Tentu saja terlalu dini untuk mengetahui apakah 2"-hydroxynicotianamine juga memiliki efek yang sama pada manusia. Tetapi mungkin ini bisa membuka pandangan baru dalam pengobatan hipertensi," ujar para peneliti yang dikutip NPR. (git)

(tty)
  • Si Merah Pencegah Kanker
  • Makan Leci Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
  • Asma Reda dengan Jahe
  • Diet, Minumlah Teh Hijau & Jus Tomat
  • 6 Sayuran Akar Penggenjot Stamina Tubuh

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/09/484/819340/asparagus-ampuh-atasi-hipertensi