Senin, 17 Juni 2013

Alergi dan Kanker Didapati Anak Bila Terlalu Dini Pakai Make Up

Alergi dan Kanker Didapati Anak Bila Terlalu Dini Pakai Make Up

twospagirls.com

Liputan6.com, Jakarta : Anak-anak pada dasarnya dilahirkan dengan penuh keingintahuan. Anak selalu ingin meniru apa yang dilakukan oleh orang yang disekitarnya, terutama orangtuanya. Anak cenderung ingin menjadi dewasa, setelah melihat apa yang dilakukan orangtuanya.

Terutama bagi anak perempuan. Biasanya, anak perempuan berusaha untuk menirukan apa yang dikerjakan dengan ibunya, yaitu menggunakan riasan.

Ada banyak penelitian yang memperingatkan tentang racun dan bahaya yang terkandung di dalam kosmetik. Dan tentunya, efek yang akan ditimbulkan dari make up ketika itu tidak dapat diterima di kulit anak-anak Anda.

Hati-hati, jika anak terlalu dini berdandan, takutnya dapat menyebabkan kanker, kemandulan, dan ketidakseimbagan hormonal.

Seperti dilansir Boldsky, Senin (17/6/2013) ada beberapa efek berbahaya dari kosmetik apabila digunakan oleh anak-anak

1. Alergi

Beberapa bahan yang ditemukan dalam produk seperti itu dapat mengaktifkan reaksi alergi pada anak. Termasuk di dalamnya memerah, dermatitis, ruam kulit, dan gatal-gatal.

Pengawet dalam riasan juga dapat mengiritasi mata dan kulit. Jangan biarkan anak Anda memakai make up, atau pilihlah yang benar-benar tepat.

2. Kulit kering

Anak-anak lebih rentan memiliki kulit kering dan masalah yang terkait. Penggunaan make up akan membuat kulit lebih kering.

Bubuk pada bedak yang digunakan oleh anak-anak dapat mengeringkan kulit dan membuatnya terlihat bersisik dan kusam. Kekeringan juga membuat gatal kulitnya.

3. Pembengkakan

Pembengkakan umumnya terkait dengan riasan mata pada anak-anak. Penggunaan eyeliner, eye shadow atau maskara kualitas rendah akan membuat iritasi kulitnya. Bahan kimia yang keras dalam riasan akan mengakibatkan pembengkakan kelopak mata dan akhirnya dapat menyebabkan peradangan.

4. Kanker

Make up kualitas rendah mungkin mengandung banyak bahan kimia, yang dapat menyebabkan kanker setelah menggunakannya untuk waktu yang lama. Sebagian besar bahan kimia yang diserap oleh kulit, akan menyebabkan efek kesehatan yang serius pada anak-anak.

Yakinilah pada anak Anda, bahwa dirinya sudah cantik tanpa make up. Atau, pilihlah produk kecantikan organik untuk anak Anda, jika Anda tidak dapat mencegah anak untuk menggunakannya.

(Adt/Igw)

Source : http://health.liputan6.com/read/614166/alergi-dan-kanker-didapati-anak-bila-terlalu-dini-pakai-make-up