Selasa, 18 Juni 2013

Aktif Kegiatan Sosial Hindarkan Risiko Hipertensi?

BILA Anda mempunyai penyakit hipertensi, mungkin hal tersebut bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Selain itu, bisa dimungkinkan Anda kurang melakukan olahraga tiap minggunya. Untuk itu, sebaiknya Anda bisa mencoba aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial untuk menghindari penyakit hipertensi.

Hal ini seperti menurut penulis utama penelitian di CMU's Dietrich College of Humanities and Social Sciences, Rodlescia S. Snedd Ph.D. Dituturkannya, hipertensi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang negatif dan pola makan yang buruk, serta kurangnya melakukan olahraga.

"Setiap hari kita belajar lebih banyak tentang bagaimana faktor gaya hidup negatif seperti pola makan yang buruk dan kurang olahraga meningkarkan resiko hipertensi" ujar Snedd sebagaimana dilansir Medicalnewstoday.

Ia mengaku dalam penelitiannya tersebut dirinya dan tim ingin menentukan apakah faktor gaya hidup positif seperti bekerja sebagai sukarelawan benar-benar bisa mengurangi risiko penyakit hipertensi.

"Hasilnya menunjukkan bahwa sukarelawan merupakan contoh suatu kegiatan yang secara aktif dapat lakukan untuk tetap sehat pada orang dewasa," tambahnya.

Untuk penelitian ini, Snedd dan Carnegie Mellon Sheldon Cohen mempelajari 1.164 orang dewasa berusia antara 51 dan 91 tahun dari seluruh AS. Kemudian, para peserta diwawancarai dua kali, yaitu pada tahun 2006 dan 2010, sementara semua peserta memiliki tingkat tekanan darah yang normal pada wawancara pertama. Selain itu, kesukarelaan, berbagai faktor sosial, dan psikologis, serta tekanan darah selalu diukur. 

Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengaku setidaknya 200 jam melakukan kerja sebagai sukarelawan selama wawancara awal, sebanyak 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena hipertensi dibandingkan mereka yang tidak sebagai relawan ketika dievaluasi empat tahun kemudian.

Sementara itu, jenis khusus dari kegiatan relawan itu bukan merupakan faktor yang menentukan seseorang memiliki kemungkinan yang kecil terkena hipertensi.  Hal ini melainkan jumlah waktu yang dihabiskan sukarelawan menyebabkan peningkatan perlindungan dari hipertensi.

"Berpartisipasi dalam kegiatan sukarela dapat memberikan orang jiwa sosial bahwa mereka mungkin tidak memilikinya jika tidak melakukan kegiatan tersebut. Ada bukti kuat bahwa memiliki hubungan sosial yang baik meminimalisasi penuaan dan mengurangi risiko untuk beberapa risiko kesehatan yang negatif," tandasnya. (ind) (tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/17/482/823311/aktif-kegiatan-sosial-hindarkan-risiko-hipertensi