Sabtu, 29 Juni 2013

Agar Langsing, Lebih Baik Diet atau Olahraga, Ya?

Agar Langsing, Lebih Baik Diet atau Olahraga, Ya?

Liputan6.com, New York : Orang yang ingin menurunkan berat badannya biasanya memilih diet dan berolahraga. Masalahnya, penelitian menunjukkan ketika orang mencurahkan waktunya dengan satu kebiasaan yang sehat, waktu untuk yang lainnya lebih sedikit. Jika ingin menurunkan berat badan harus diet atau berolahraga?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Psychological Science, ternyata orang berpikir diet menjadi faktor yang paling penting dalam mengendalikan berat badannya memiliki Body Mass Index (BMI) yang lebih rendah ketimbang yang percaya kalau olahraga kuncinya.

Peneliti menanyakan 1.200 orang di Amerika Serikat, Kanada, China, Prancis, dan Korea Selatan tentang faktor utama yang membuat orang gemuk.

Peneliti mengukur berat dan tingginya untuk menghitung BMI. Hasilnya, responden yang mengatakan penting menjaga tubuh tetap aktif bisa mencegah obesitas memiliki BMI yang tinggi ketimbang orang yang mengatakan makan yang benar sebagai kunci dari pengendalian berat badan.

Seperti yang Anda duga, teori mengendalikan berat badan bisa memengaruhi pilihan makanan. Dalam dua penelitian, ketika peneliti menawarkan peserta cokelat tanpa batas, orang-prang yang mengatakan tetap aktif kunci dari menjaga berat badan lebih banyak makannya.

"Keyakinan kita membimbing tindakan kita," ujar rekan penulis penelitian Brent McFerran, PhD, asisten profesor di Ross School of Business di University of Michigan, seperti dikutip Menshealth, Jumat (28/6/2013).

"Pikirkan tentang hal ini, jika Anda berpikir latihan sebagai kunci mengontrol berat badan, Anda mungkin akan banyak bergerak dan kurang fokus pada yang dimakannya. Ketika latihan bisa menurunkan berat badan dan membuat Anda merasa luar biasa diantara manfaat lain. Orang jadi cenderung melebih-lebihkan jumlah kalori yang dibakar ketika berolahraga dan mengimbangi kegiatan ekstra dengan makan lebih banyak," kata McFerran.

Di sisi lain, jika Anda percaya makanan sehat sebagai cara terbaik untuk menjaga berat badan, Anda mungkin jadi kurang latihan tapi sangat memerhatikan makanan.

"Dan itu cerdas, terutama karena kebanyakan orang terlalu meremehkan jumlah kalori yang mereka konsumsi," ujar McFerran.

Diet Atau Olahraga

Masalahnya, banyak orang berpikir ia bisa berolahraga bila ingin menurunkan berat badannya, tapi ada banyak bukti yang mendukung fakta mengubah diet adalah cara yang lebih efektif menurunkan berat badan.

"Jika kita makan siang 3.000 kalori, hampir tak ada yang memiliki waktu cukup bebas di hari istirahatnya untuk berolahraga," kata McFerran.

Ia tak lupa memberikan saran terbaik agar berat badan terkendali tanpa menggunakan waktu yang lebih.

"Jauhi makanan yang tinggi kalori dan ganti piring besar dan mangkuk dengan yang kecil untuk memastikan Anda mengisinya dengan porsi yang terkendali".

Ahli Penurunan Berat Abdan, Keri Glassman, mengatakan, jangan lupa berolahraga. Tetap aktif bisa membantu mengontrol berat badan dan itu penting untuk kesehatan.

Olahraga tak hanya memproduksi endorfin yang meningkatkan metabolisme Anda dan memotivasi Anda makan dengan lebih baik, olahraga juga mendukung kesehatan jantung, kekuatan tulang, menolong Anda tidur, mengurangi stres, meningkatkan kesehatan mental.

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/625205/agar-langsing-lebih-baik-diet-atau-olahraga-ya