Selasa, 18 Juni 2013

Agar Ibu Menyusui, Venezuela Larang Susu Formula

TEMPO.CO, Caracas-- Kongres Venezuela akan membahas mengenai aturan yang melarang para ibu memberikan susu botol kepada bayi mereka demi mendukung program air susu ibu (ASI) dan menurunkan penggunaan susu formula. Demikian diungkapkan anggota legislatif dari Partai Sosial di negara tersebut seperti dikutip situs Reuters edisi 14 Juni 2013.

Sang legislator, Odalis Monzon mengatakan bahwa aturan yang akan diajukan ini akan melarang semua jenis botol bayi sebagai cara untuk meningkatkan kesehatan anak-anak. "Kami ingin meningkatkan cinta (antara ibu dan anak) sebab hal ini telah hilang sebagai akibat dari penjualan susu formula yang dilakukan perusahaan-perusahaan transnasional," ujar Monzon dalam pernyataannya di sebuah stasiun televisi nasional

Monzon menambahkan bahwa aturan yang bertajuk Promotion and Support for Breast-Feeding yang dikeluarkan pada 2007 tidak memberikan sanksi apapun untuk penggunaan susu formula. Namun ia tidak mengatakan mengenai sanksi yang akan diterapkan jika usulan untuk melarang penggunaan botol susu formula ini diloloskan Kongres yang dikuasai oleh Partai Sosial.

Namun, sambung Monzon, ada perkecualian yang dibolehkan seperti dalam kasus kematian ibu atau pada wanita yang mempunyai produksi ASI yang terbatas, seperti dijelaksan oleh kementrian kesehatan setempat. Hanya saja ia tidak menjelaskan lebih jauh berapa lama bayi harus diberi ASI.

Aturan i ternyata ni memunculkan reaksi kemarahan dari oposisi yang mengatakan bahwa era pemerintahan penerus Presiden Hugo Chavez terus menerus melakukan ekspansi ke ruang pribadi kehidupan masyarakat. "Orang bebas menyusui bayi mereka selama mereka sehat," ungkap Ingrid Rivero, seorang ibu berusia 27 tahun di Caracas. "Anak saya berhenti menyusui ASI pada usia tujuh bulan. Apa yang bisa saya lakukan? Memaksa dia?" cetusnya.

Penerus Chavez yang terpilih menjadi presiden pada April lalu, Nicolas Maduro, mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan gaya kepemimpinan revolusioner pendahulunya yang mendapat dukungan dari rakyat miskin negeri tersebut.

REUTERS I ARBAIYAH SATRIANI

Terhangat:
EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah


Baca juga:

Soal Macet, Jokowi-Ahok Lupakan Hal Sederhana?
Jokowi Sebut BLSM dengan Balsem
Jokowi Ternyata Pernah Dagang di PRJ
Nilai Kinerja Transportasi Jokowi: Niat 8, Hasil 6

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/18/060489121/Agar-Ibu-Menyusui-Venezuela-Larang-Susu-Formula