Rabu, 19 Juni 2013

Agar Bisa Liburan Di antara Tumpukan Tugas Kantor

INILAH.COM, Jakarta - Mendapatkan tugas dari kantor untuk dinas ke luar kota atau luar negeri memang sekaligus bisa jadi momen untuk melakukan liburan.

Namun jangan sampai hal ini mengganggu profesionalisme dalam bekerja dan justru nantinya akan merugikan kantor yang telah menugaskab Anda.

Intinya, tak ada salahnya memperpanjang waktu kerja Anda untuk liburan. Tapi, pastikan Anda tahu seperti apa tipsnya.

Bicarakan pada atasan

Yang pertana harus Anda lakukan adalah menyampaikan keinginan melakukan perpanjangan masa dinas Anda untuk liburan ini kepada atasan. Setelah izin dari atasan Anda dapatkan, baru Anda memikirkan akan berlibur ke mana.

Ajukan cuti

Setekah atasan memeberi izin, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengajukab cuti ke bagian SDM. meski sudah mendapatkan izin atasan, namun urusan administrasi dan absensi dengan kantor tentunya tetap Anda harus perhatikan.

Selesaikan pekerjaan

Pastikan Anda tak memiliki tanggungan pekerjaan. Selelesaikan semua laporan dan hal-hal yang terkait tugas kantor selama Anda melakukan perjalanab dinas.

Segera bereskan dan kirim melalui email pada orang-orang yang berkepentingan. Jangan menunda pekerjaan atau menyepelekan pekerjaan yang masih terbengkalai dan malah mementingkan liburan Anda.

Pisahkan barang bawaan

Ini akan meminimalisir dari kerepotan yang mungkin dialami jika Anda menyatukan barang yang akan digunakan dalam rangka pekerjaan dengan barang-barang untuk liburan.

Dengan melakukan pemisahan dari awal ,Anda tak perlu mengotak-atik koper yang akan digunakan untuk berlibur jika perjalanan Anda memang belum selesai.

Urus segalanya sendiri

Jangan pernah merepotkan kantor jika Anda ingin memperpanjang perjalanan dinas. Karena ini adalah keinginan Anda, sudah sewajarnya, Anda mengurus semuanya sendiri juga. Mulau dari hotel yang akan ditempati, transportasi baik selama Anda disana maupun ketika akan kembali ke kota asal.

Tentukan prioritas

Tak perlu membawa semua perlengkapan jika sekiranya hal-hal yang Anda butuhkan bisa disediakan oleh hotel, hal ini akan meringankan barang bawaan Anda. Jadi, Anda masih bisa memiliki cukup ruang dalam koper atau tas Anda.

Pilih tempat

Meskipun Anda merasa sudah menyelesaikan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, namun sebaiknya jangan melakukan pekerjaan di tempat yang terlalu terpencil yang membuat Anda susah untuk berkomunikasi. Buatlah diri Anda masih berada dalam jangkauan atasan, dan rekan kerja Anda. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2001457/agar-bisa-liburan-di-antara-tumpukan-tugas-kantor