Jumat, 21 Juni 2013

7 Sebab Warna Bibir Jadi Gelap

TEMPO.CO, Jakarta -Memiliki warna bibir yang gelap tentu tidak menyenangkan bagi wanita. Tahukah Anda penyebab warna bibir menjadi gelap? Beberapa hal di bawah ini mungkin sering Anda lakukan sehingga membuat bibir Anda jadi gelap, tidak sehat atau bahkan pecah-pecah.

1. Rokok
Kita semua tahu bahwa rokok menyebabkan warna bibir menjadi gelap. Hal itu disebabkan oleh nikotin yang terkandung dalam rokok.

2. Kafein
Kafein selain bisa mengotori dan membuat warna gigi menjadi kuning, ternyata juga menggelapkan warna bibir. Bibir Anda menjadi lebih gelap tergantung dengan seberapa sering Anda mengkonsumsi teh dan kopi. Hal ini bisa diatasi dengan banyak minum air putih saat sedang menikmati kopi atau teh.

3. Paparan sinar matahari
Sinar matahari meningkatkan produksi pigmen melanin pada bibir. Bibir kita sangat sensitif terhadap terpaan sinar matahari yang terus-menerus. Bibir akan menjadi gelap jika berlama-lama terkena paparan sinar matahari. Hal ini bisa dihindari dengan mengaplikasikan lib balm dengan perlindungan sinar ultraviolet.

4. Kosmetik bibir
Anda harus sangat berhati-hati saat menggunakan produk untuk bibir. Menggunakan lipstik berkualitas rendah bisa menggelapkan bibir. Bahaya lainnya yaitu menggunakan produk yan sudah kadaluarsa pada bibir Anda. Bibir Anda juga bisa menjadi gelap jika Anda alergi terhadap produk bibir tertentu.

5. Hidrasi
Tidak meminum cukup air bisa menyebabkan dehidrasi. Bibir akan mengering dan menjadi gelap jika tubuh mengalami dehidrasi. Pastikan Anda minum 2-3 liter air per hari agar bibir tetap terhidrasi dan lembab.

6. Menjilat bibir
Para peneliti telah membuktikan bahwa menjilati bibir atau menggigitnya menyebabkan pigmentasi gelap pada bibir. Menjilat bibir agar membuatnya tetap basah bisa menyebabkan bibir gelap dan pecah-pecah. Hal ini karena air ludah menyebabkan bibir lebih cepat kering.

7. Diet
Vitamin C diketahui bisa menghilangkan pigmentasi kulit. Maka dari itu, kekurangan vitamin bisa membuat warna bibir jadi gelap. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang dengan buah segar dan sayuran hijau untuk memelihara kesehatan bibir.

BOLDSKY | APRILIANI GITA FITRIA

Berita terpopuler:
Begini Cara Memprediksi Kecerdasan Anak
Dolce dan Gabbana Dijatuhi Hukuman Penjara
Uniqlo Akan Buka 10 Gerai di Indonesia
Waspadai, Alat Vital Anak Bisa Terjepit Toilet

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/21/060490221/7-Sebab-Warna-Bibir-Jadi-Gelap