Senin, 24 Juni 2013

7 Langkah Tingkatkan Metabolisme Tubuh

TEMPO.CO, Jakarta - Tidak sedikit orang yang memiliki daya metabolisme lambat.  Metabolisme tubuh yang lambat bisa menyebabkan berat badan cenderung lebih mudah meningkat dan sulit untuk turun. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa gaya hidup mereaka berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Berikut 7 cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

1. Latihan intens di pagi hari
Sedikit latihan fisik di pagi hari saat pertama kali bangun bisa memberi efek baik pada metabolisme. Anda hanya perlu meluangkan waktu 5 menit untuk melakukan olahraga simpel. Misalnya, lari-lari kecil di dalam rumah atau di halaman, melompat dan menekuk lutut. Biarkan detak jantung Anda meningkat selama 5 menit dan relaksasi selama 2 menit.

2. Makanan pedas
Makanan pedas seperti kari, lada hitam, cabai rawit, kunyit dan lainnya bisa membantu mempercepat metabolisme. Makanan lainnya yang mungkin menurut Anda tidak pedas tapi juga bisa meningkatkan metabolisme misalnya jahe, kayu manis, kapulaga dan pala. Tambahkan rasa pedas dari bahan makanan itu pada masakan Anda.

3. Banyak minum air putih
Air putih banyak berperan dalam metabolisme tubuh. Minumlah banyak air putih maka metabolisme tubuh akan meningkat. Sebab, proses metabolisme membutuhkan air sebagai bahan bakar.

4. Jaga kesehatan tiroid
Untuk bekerja efisien, tiroid membutuhkan selenium, zinc dan yodium. Untuk lebih banyak mendapatkan mineral ini, makanlah seafood dan kacang-kacangan.

5. Jangan lewatkan sarapan
Saat terburu-buru melakukan aktifitas di pagi hari, Anda seringkali tidak sempat sarapan. Ini merupakan hal buruk bagi metabolisme tubuh. Sempatkanlah sarapan dengan menu yang sehat. Misalnya, makanan yang mengandung proetein seperti telur. Atau makan buah yang mengandung antioksidan seperti jeruk, strawberry, kurma, dan lain-lain.

6. Hindari makan terlalu banyak
Kebanyakan orang makan lebih banyak pada siang dan malam hari ketimbang saat sarapan pagi. Terkadang kita juga mengemil sebelum tidur. Hal ini tentunya menghambat kecepatan metabolisme tubuh. Cobalah untuk makan lebih awal pada siang hari dan sedikit makan malam. Lalu, usahakan jangan makah setidaknya 3 jam sebelum tidur.

7. Tingkatkan masa otot
Latihan angkat beban tidak hanya untuk para binaragawan. Membentuk masa otot merupakan bagian dari semua program fitness. Meski Anda tidak bisa bergabung dalam klub senam atau membeli peralatan olahraga, Anda tetap bisa meningkatkan masa otot. Anda bisa memanfaatkan dua kaleng bekas makanan atau botol yang diisi air sebagai alat olah raga untuk menambah masa otot.

FITNEA | APRILIANI GITA FITRIA

Berita terpopuler:
Ada Dinosaurus di Living World
Kala Anjing dan Narapidana Saling Melengkapi
Tempat Penitipan Anak Mengurangi Emosional Anak
Pertama di Taiwan, Virus H6N1 Menjangkiti Manusia



Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/24/060490678/7-Langkah-Tingkatkan-Metabolisme-Tubuh