Sabtu, 08 Juni 2013

6 Tip Badan Tetap Bugar Selama Hamil

LUMRAH rasanya bila wanita rutin olahraga karena mereka memiliki banyak tanggung jawab kerja yang banyak. Namun kondisi itu tidak bisa jika sedang mengandung.
 
Pasalnya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga saat mengandung bayi sangat berbahaya, apalagi bila usia kandungan  masih di bawah empat bulan.Janin mengalami keguguran merupakan ancaman nyata bila berolahraga terlalu letih.
 
Terkait risiko itu, para ahli tak menampik bahwa olahraga memang baik untuk membuat tubuh bumil jadi bugar. Namun memang, harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan terakhir Anda, agar bumil tetap bugar dan janin berkembang sebagaimana mestinya.
 
Lantas, olahraga seperti apa yang harus lakukan agar badan terus bugar saat mengalami kehamilan?
 
Berikut ini ada beberap tip agar tubuh tetap sehat selama mengandung, seperti dilansir Magforwoman, di antaranya sebagai berikut:
 
Dengarkan dokter Anda
Sebelum Anda memutuskan jenis olahraga yang ingin dilakukan, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Dimana dokter akan memandu Anda jenis olahraga apa yang sesuai dengan riwayat kesehatan dan kondisi kesehatan terkini Anda. Percayalah dokter dapat memberikan jenis olahraga ang paling tepat, sesuai dengan kondisi tubuh Anda.
 
Dengarkan tubuh Anda
Ketika Anda melakukan olahraga saat kondisi hamil, sangat penting untuk tak terlalu memaksakan diri. Kemudian, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga rutin, dan lakukan peregangan menjelang akhir. Bila dalam melakukan olahraga itu Anda merasa mulas atau nyeri mendadak, segera berhenti dan berbicara dengan dokter kandungan Anda. Terkait hal itu, Anda juga harus tahu bahwa olahraga yang Anda rasa baik bagi tubuh selama satu bulan, bisa tak baik untuk bulan ke depannya.
 
Praktek Yoga
Manfaat membiasakan yoga saat hamil sangat baik, dimana yoga akan membantu Anda merubah suasana hati leblih baik, kram, nyeri punggung dan masalah pernapasan.
 
Sejenak pergi untuk berjalan-jalan
Anda bisa memulainya dengan rutin berjalan lima sampai sepuluh menit perhari. Lalu, perlahan boleh ditingkatskan durasi olahraganya asal sesuai dengan tingkat kebugaran tubuh Anda. Sementara itu, Anda juga dapat memilih untuk melakukan cepat selama 20 sampai 30 menit sebanyak tiga atau empat perpekan.
 
Melakukan diet yang seimbang
Hal ini sangat penting untuk mendaparkan bobot tubuh  tak berlebihan, khususnya pasca melahirkan. Lain itu juga, manfaat dari mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang ialah membantu melindungi kesehatan janin selama kehamilan.
 
Meminum banyak air
Tak peduli olahraga yang dianjurkan dokter kepada Anda, terpenting ialah menjaga tubuh agar terus terhidrasi sepanjang waktu. Di mana Anda bisa meminum air saat sebelum, selama dan setelah rutinitas olahraga Anda.
(uky)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/06/08/483/819107/6-tip-badan-tetap-bugar-selama-hamil