Rabu, 12 Juni 2013

6 Cara Menjaga Pola Makan Sehat di Tempat Kerja

TEMPO.CO, Jakarta - Menjaga pola makan di tempat kerja bukanlah hal yang mudah. Dengan tidak adanya dapur atau tidak disediakannya makanan sehat di kantor, Anda akan memesan makanan di lingkungan kantor. Atau Anda akan mengunjungi tempat makan di sekitar kantor bersama teman-teman atau makan siang sambil memenuhi pertemuan kerja. Makanan tersebut belum tentu sehat. Ditambah lagi, ada saja gangguan dari rekan kerja yang membagi makanan ringan yang tak sehat. Untuk menghindari pola makan yang tak sehat di tempat kerja, berikut 6 tips yang dapat Anda lakukan, seperti dilansir dalam Daily Health Post, Selasa, 11 Juni 2013.

1. Jangan Lewatkan Sarapan
Gorengan, lontong sayur, nasi uduk, bahkan mie ayam bisa saja tersedia di pagi hari untuk memenuhi kebutuhan sarapan Anda. Namun, sarapan di rumah atau membawa sarapan dari rumah tentu jauh lebih sehat dari semua makan itu. Selain itu, sarapan juga menghindari Anda merasa lapar sebelum jam makan siang tiba sehingga menghindari Anda dari cemilan yang tinggi kalori.

2. Jangan Makan di Meja Anda
Makan di meja kerja akan membagi konsentrasi Anda antara makan dan bekerja. Hal ini akan membuat Anda makan dengan cepat dan tidak cepat kenyang sehingga porsi makan Anda menjadi lebih besar dari yang Anda butuhkan. Selain itu, bangkit dari meja kerja akan memberikan kesempatan Anda untuk berjalan-jalan melakukan peregangan sehingga tubuh tidak kaku.

3. Bawa Bekal Makan Siang
Seperti halnya sarapan, membawa bekal makan siang tentu jauh lebih menyehatkan dibandingkan makan makanan dari luar. Di samping itu, membawa bekal makan siang akan menghemat pengeluaran Anda.

4. Siapkan Cadangan Makanan Sehat
Jika Anda memiliki loker atau meja dengan ruang yang lebih. Simpanlah cemilan-cemilan sehat seperti kacang-kacangan atau buah-buahan. Jangan malah menyimpan keripik, cokelat, atau kudapan ringan lain. Memiliki cadangan makanan, akan menghindari Anda untuk jajan di sela-sela jam makan.

5. Berbagilah
Kantor adaah tempat kumpulan orang sering berbagi, termasuk berbagi makanan. Alij-alih berbagai makanan tak sehat, lebih baik Anda bagikan makanan sehat yang Anda miliki. Sebarkan kebiasaan makan sehat ini pada rekan-rekan kerja Anda. Jika di lingkungan kerja tercipta budaya makan sehat maka euforia itu akan dapat menyebar ke lingkungan lain juga.

6. Ubah Pola Makan
Jika Anda terbiasa dengan porsi makan siang yang besar tapi masih saja mengonsumsi kudapan di pertengahan pagi dan sore hari, cobalah untuk mengurangi porsi makan Anda. Toh Anda akan tetap mengemil di sore hari.

Jadi, bagaimana menu makan siang Anda di kantor hari ini?

DAILY HEALTH POST | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Lainnya:
Hidayat Nur Wahid: PKS Memang Main di Dua Kaki  
Laris Manis Lelang Barang Gratifikasi di KPK  
Dolar Tembus Rp 10.000, BI Guyur US$ 100 Juta/Hari
Jokowi Ganti Dua Direktur RSUD  
Apa Saja Kelebihan iOS 7?

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/12/060487670/6-Cara-Menjaga-Pola-Makan-Sehat-di-Tempat-Kerja