Sabtu, 15 Juni 2013

6 Cara Agar Tetap Makan Sehat di Kantor

6 Cara Agar Tetap Makan Sehat di Kantor

Liputan6.com, New York : Sibuknya pekerjaan di kantor jangan sampai melupakan acara makan sehat. Biasanya di jam-jam yang membuat lapar, pekerja kantoran akan mengunyah apa saja yang bisa dikudap.

Anda mungkin dihadapkan pada teman kantor yang suka membawa makanan camilan yang tidak sehat untuk dibagi atau Anda memerlukan makanan yang manis ketika energi mengendor di sore hari. Cobalah mengubah dengan yang sehat-sehat.

Berikut ini ada enam cara agar Anda makan sehat di kantor seperti dikutip DailyHealthPost, Jumat (14/6/2013):

1. Makan sarapan di rumah

Pikirkan untuk jenis sarapan yang Anda makan di jalan atau di tempat kerja. Sandwich dengan telur, bagel, muffin, atau danish. Makan sarapan sebelum mulai bekerja atau bawalah sarapan dari rumah sesuai selera Anda.

Pilihlah yang sehat seperti buah, yogurt, putih telur, dan sayuran yang dibungkus, atau secangkir oatmeal dengan kacang-kacangan atau buah kering.

Pastikan sarapan yang Anda makan sehat untuk mencegah kelaparan hingga siang hari.

2. Jangan makan di meja Anda

Luangkah waktu dengan menjauh dari meja agar bisa makan dengan tenang. Jika makan di meja, Anda mungkin terganggu, atau mencoba makan dengan cepat, sehingga mengonsumsi lebih banyak kalori yang Anda inginkan. Plus, menjauh dari meja dan jalan-jalan, lakukan peregangan, dan bakar sedikit kalori.

3. Paket makan siang

Makan di luar atau makan makanan dari kantin di tempat kerja membuat Anda tak bisa mengontrol nutrisi, jadi bawa makan siang sendiri.

Ada banyak makan siang yang sehat yang bisa Anda bawa ke kantor dan jika Anda membuat makan malam yang banyak, Anda bisa menyisihkan untuk besok paginya. Anda juga bisa menghemat uang.

4. Toko camilan di tempat kerja

Jika Anda memiliki loker, meja, atau ruang istirahat, Anda bisa menyimpan makanan ringan, meninggalkan beberapa pilihan makanan yang sehat di tempat kerja untuk berjaga-jaga ketika Anda benar-benar membutuhkannya.

Daripada membeli keripik atau cokelat, Anda bisa menyimpan makanan kacang-kacangan, buah kering, atau pilihan lain yang sehat.

5. Bawa makanan sehat untuk berbagi

Saat beristirahat dari pekerjaan, biasanya makanan yang dibawa bukan tipe makanan sehat meski rekan Anda sudah bermaksud baik. Setengah dari kue ulang tahun bukan pilihan yang sehat.

Berilah contoh yang baik dengan memberikan makanan sehat seperti sayuran dan saus, sepiring buah, keju, kerupuk, dan beberapa permen favorit yang rendah gula. Mungkin ini bisa mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang sama dengan makan makanan yang sehat.

6. Makan yang banyak

Jika Anda biasanya makan siang yang banyak di tengah hari tapi menemukan diri Anda ingin menyemil di pertengahan pagi dan sore hari, cobalah membagi makan Anda menjadi tiga porsi kecil.

Dengan begitu, Anda tak berakhir dengan putus asa karena sering menyemil apapun di sekitar Anda.

(Mel/*)

Source : http://health.liputan6.com/read/612580/6-cara-agar-tetap-makan-sehat-di-kantor