Senin, 03 Juni 2013

5 Cara Agar Anda Bisa Bersyukur Sepanjang Waktu

5 Cara Agar Anda Bisa Bersyukur Sepanjang Waktu

Liputan6.com, Washington : Manusia tak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya. Namun, pernahkah Anda berpikir kalau hidup ini tak adil untuk Anda? Pikiran itu bisa berubah jika Anda berusaha bersyukur dengan setiap orang, objek, atau peristiwa yang Anda alami di dalam hidup ini.

Berikut cara agar Anda bisa bersyukur sepanjang waktu seperti dikutip Magforwomen, Senin (3/6/2013):

1. Lihatlah sisi positif dari setiap situasi

Apa yang biasanya Anda lakukan ketika Anda menghadapi situasi yang sulit? Apakah Anda marah atau gelisah? Daripada bingung, cobalah melihat dari sisi positif di situasi lain.

Contohnya, jika Anda mendapat umpan balik yang buruk dari atasan di tempat kerja, lihatlah sisi positifnya. Anda bisa membaca umpan balik dari atasan Anda dan menentukan daerah yang bisa Anda tingkatkan.

Dengan cara ini, Anda bisa bersyukur di waktu berikutnya karena bisa memperbaiki kekurangan dan mendapatkan umpan balik yang lebih baik.

2. Melihat situasi buruk orang lain

Jika Anda mencoba melihat penderitaan orang lain, Anda langsung bersyukur dengan keadaan apapun.

Jika bos Anda memberi Anda waktu yang sulit, berpikir lah kalau situasi yang sedih dari orang-orang yang tak memiliki pekerjaan.

Jika pipa Anda rusak dan Anda merasa frustasi, berpikirlah banyak orang di dunia ini yang mati karena tak bisa minum.

Membandingkan dengan cara ekstrem seperti ini membuat Anda merasa bersyukur dengan situasi Anda sendiri, tak peduli seberapa buruk itu.

3. Pikirkan tentang bagaimana Anda bisa bertahan di masa sulit

Saat sedih, Anda akan langsung bersyukur jika Anda berpikir tentang masa terburuk yang ada di dalam hidup Anda dan Anda berhasil selamat.

Ini bisa dari pengalaman Anda putus hubungan, dipecat dari pekerjaan, atau kehilangan orang yang Anda cintai.

Berpikir tentang masa sulit bisa membuat Anda merasa lebih kuat dan membantu Anda merasa bersyukur saat ini.

4. Mencoba melihat kemurahan hati orang lain

Setiap saat dalam hidup Anda akan melibatkan interaksi dengan orang lain, termasuk teman-teman, mitra, rekan, keluarga, guru, dan rekan kerja. Cobalah melihat kemurahan hati dan kebaikan orang-orang.

Jangan berpikir tentang orang yang tidak baik dengan Anda, tapi berpikirlah tentang siapa yang telah melakukan kebaikan bukan untuk kepentingan dirinya sendiri, melainkan karena Anda.

Berpikir tentang keindahan manusia lain bisa membuat merasa bersyukur untuk bertemu dengan orang seperti itu dalam hidup Anda.

5. Hidup tanpa yang Anda sukai dalam 24 jam

Anda mungkin tak menyadari seberapa ketergantungan Anda memiliki ponsel, mobil, laptop, AC, dan gadget atau peralatan yang digunakan setiap harinya. Anda bisa mengujinya dengan hidup tanpa salah satunya yang sering Anda gunakan dalam 24 jam.

Setelah hari berakhir, akan menyadari betapa beruntungnya Anda. Dan pada waktu berikutnya, Anda akan merasa bersyukur setiap kali menelepon atau menyalakan AC.

(Mel/Abd)

http://health.liputan6.com/read/602920/5-cara-agar-anda-bisa-bersyukur-sepanjang-waktu