Kamis, 13 Juni 2013

4 Tempat Tak Lazim Kanker Kulit

TEMPO.CO, Jakarta - Secara umum, kanker kulit terbagi atas melanoma dan non-melanoma. Melanoma merupakan bentuk terganas yang ditandai dengan adanya mol (tahi lalat). Sementara non-melanoma ditandai dengan adanya bercak merah di kulit hingga bisa berbentuk koreng.

Kanker non-melanoma dapat berbentuk karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa. Berbeda dengan karsinoma sel basal yang tidak menyebar dan hanya terdapat pada bagian kulit yang terkena paparan sinar matahari, karsinoma sel skuamosa justru menyebar dan dapat terjadi di seluruh bagian kulit.

Karena seluruh tubuh manusia dibaluti kulit maka kanker kulit bisa terjadi di hampir seluruh bagian tubuh. Tidak hanya di bagian tubuh, tangan, atau kaki, kanker kulit juga dapat terjadi di bagian tak lazim ini. Berikut 4 daerah persebaran kanker kulit yang tak lazim seperti dikutip dalam Daily Mail, Selasa, 11 Juni 2013

1. Mata
Dr. BAV Shergill, konsultan dermatolog dan juru bicara British Association of Dermatologists, mengatakan daerah antara bagian dalam mata dan hidung -disebut medial canthus- rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Kanker kulit yang dikenal dengan karsinoma sel basal banyak mengganas di tempat ini. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan selalu kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

2. Telinga
"Ketika saya memeriksa seorang pria, saya selalu memeriksa bagian belakang telinganya, sebab ini adalah tempat paling umum untuk perkembangan kanker kulit. Telinga belakang pria lebih sering terpapar sinar matahari dibandingkan dengan wanita yang selalu dilindungi oleh rambut mereka.

3. Hidung dan mulut
Hidung dengan bentuk bulatnya juga mendapat paparan sinar matahari yang begitu banyak sehingga sangat mungkin jika kanker kulit berkembang di sini, terutama karsinoma sel basal. "Kulit yang berada di atas bibir juga rentan terhadap sinar matahari. Ini tidak seperti kulit di bawah bibir yang justru lebih terlindungi oleh bibir," ucap Dr. Shergill.

 4. Telapak Kaki
Berbeda dengan melanoma lainnya, melanoma sel skuamosa jenis melanoma akral ini adalah bentuk melanoma ganas yang hanya ditemukan di jari kaki, telapak kaki, dan telapak tangan. Pada orang-orang berkulit gelap, kaki dan telapak kaki menjadi daerah paling umum bagi perkembangan karsinoma sel skuamosa. Penyebabnya tidak jelas. Peneliti menyimpulkan ini terjadi karena faktor genetika. Melanoma jenis ini pula yang terjadi pada jari kaki bintang reggae Bob Marley hingga menyebabkan kematian.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Berita Lainnya:

Hidayat Nur Wahid: PKS Memang Main di Dua Kaki  
Laris Manis Lelang Barang Gratifikasi di KPK  
Dolar Tembus Rp 10.000, BI Guyur US$ 100 Juta/Hari
Jokowi Ganti Dua Direktur RSUD  
Apa Saja Kelebihan iOS 7?

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/12/060487745/4-Tempat-Tak-Lazim-Kanker-Kulit