Sabtu, 08 Juni 2013

4 Motif Cinta di Tempat Kerja

TEMPO.CO, Jakarta - Menjalin hubungan dengan rekan kerja bukan lagi hal yang ditanggap tabu. Malah, jodoh seringkali didapatkan di tempat kerja. Sebuah statistik yang ditulis dalam situs Psychology Today, Rabu, 5 Juni 2013 menyebutkan bahwa 47 persen karyawan pernah terlibat dalam sebuah kisah cinta di tempat kerja. Padahal, hubungan asmara di tempat kerja berisiko terhadap hubungan profesional mereka. Meskipun demikian, ternyata cinta dapat tumbuh di mana saja. Dalam situs ini pula, Sean M. Horan, Ph.D  dari Universitas DePaul mengungkapkan hasil penelitiannya bersama rekan-rekannya tentang alasan/motif hubungan berpacaran di tempat kerja. Menurutnya, 4 alasan terciptanya jalinan cinta di tempat kerja, yaitu

1. Waktu
Hubungan asmara ini berkembang karena banyaknya waktu yang dihabiskan bersama dengan rekan kerja. Dalam satu hari, mereka bisa menghabiskan waktu hingga 12 jam atau lebih. Oleh sebab itu, mudah bagi pasangan ini untuk lebih dekat dan intim tiap harinya. 

2. Banyak Kesempatan
Tempat kerja memungkinkah seseorang untuk menjadi lebih dekat dengan rekan kerja. Makan siang bersama, tugas bersama, rapat bersama, bahkan dinas luar bersama. Ini membuat seseorang lebih dekat dan lebih mengenal rekan kerjanya. Dan itu menjadi pintu gerbang ketertarikan. 

3. Kesamaan
Berada di lingkungan yang sama akan membuat seseorang memiliki kepentingan yang sama sehingga akan klop bila mendiskusikan masalah-masalah yang memang dialami bersama. Kesamaan ini justru lebih kuat daripada daya tarik fisik. Dari sinilah, tercipta rasa nyaman. Dan akhirnya, benih-benih cinta tumbuh perlahan. 

4. Ketertarikan fisik
Tak dapat dpungkiri bahwa ketertarikan fisik menjadi alasan ketertarikan seseorang. Ini juga bisa terjadi di tempat kerja. Seks, bisa menjadi alasan sepasang anak manusia menjalin asmara di tempat kerja. Dan nyatanya, ini dapat berlangsung lama, selama kedua belah pihak masih saling menginginkan.

PSYCHOLOGY TODAY | ANINGTIAS JATMIKA

Topik terhangat:
Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Membangkang | Ahmad Fathanah


Berita Terkait

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/08/205486678/4-Motif-Cinta-di-Tempat-Kerja