Selasa, 18 Juni 2013

20 Jawaban Tentukan Anda Ekstovert atau Introvert

TEMPO.CO, Jakarta -Pernah merasa bahwa Anda seperti hidup di tengah dunia bising yang tiada henti? Untuk seorang yang berkepribadian tertutup, kondisi ini menjadi tantangan yang sangat nyata. "Terutama di tempat kerja," ujar Susan Cain, penulis buku Quiet: The Power of Introverts in a World That Can't Stop Talking.

Nah, penasaran tentang Anda termasuk kepribadian ekstrovert atau introvert? Berikut 20 pertanyaan "benar" dan "salah" menurut aktivitas yang sering Anda lakukan. Ini adalah kuis pertanyaan informal yang dikutip dari buku Cain. Dan bukan merupakan tes kepribadian ilmiah yang tervalidasi.

1. Saya lebih menyukai percakapan berhadapan satu lawan satu dalam sebuah kegiatan berkelompok.
2. Saya lebih menyukai mengekspresikan diri sendiri melalui tulisan.
3. Saya menikmati kesendirian.
4. Saya sangat peduli tentang kekayaan, ketenaran, dan status kekurangan diri daripada rekan-rekan saya.
5. Saya tidak suka berbasa-basi, tetapi saya senang berbicara secara mendalam tentang topik yang penting bagi saya.
6. Orang lain menganggap saya sebagai pendengar yang baik.
7. Saya bukan seseorang yang mengambil resiko besar.
8. Saya menikmati bekerja yang memungkinkan saya untuk menyelaminya lebih dalam dengan sedikit interupsi.
9. Saya menyukai pesta ulangtahun kecil dengan beberapa orang dan anggota keluarga saja.
10. Orang-orang menggambarkan diri saya sebagai orang yang sangat lembut ketika berbicara.
11. Saya cenderung tidak membicarakan pekerjaan saya dengan orang lain sampai pekerjaan itu benar-benar selesai.
12. Saya tidak menyukai konflik.
13. Saya berusaha untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.
14. Saya cenderung berfikir sebelum berbicara.
15. Energi saya merasa terkuras setelah melakukan sesuatu, bahkan ketika menikmati diri sendiri.
16. Saya sering membiarkan panggilan melalui voicemail.
17. Jika harus memilih, saya lebih suka menikmati akhir pekan dengan tidak beraktivitas apapun dibandingkan dengan setumpuk jadwal.
18. Saya tidak menikmati melakukan aktivitas yang berjejal.
19. Saya bisa berkonsentrasi dengan mudah.
20. Dalam situasi kelas, saya cenderung lebih suka kuliah dibandingkan seminar.

Makin sering Anda menjawab dengan jawaban "benar" mungkin Anda berkepribadian introvert. Tetapi jika porsi jawaban "benar" dan "salah" seimbang, maka Anda kemungkinan memiliki kepribadian keduanya.

Bahkan jawaban dalam pertanyaan itu tidak selalu memprediksi perilaku Anda di semua situasi. "Kita tak bisa mengatakan bahwa setiap orang introvert selalu menjadi kutu buku dan sebaliknya orang ekstrovert selalu menyukai hingar bingar," kata Cain. Menurutnya tidak ada seseorang yang memiliki pribadi murni ekstrovert maupun introvert. "Orang seperti itu akan berada dalam rumah sakit jiwa," kata Cain.

BUSINESS NEWS DAILY | ISMI WAHID

Terhangat:
EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca juga:
Ini Penyebab Orang Ekstrovert Suka Berpesta
Kontrasepsi Jangka Panjang Kurang Diminati Perempuan
Orang Cenderung Tak Cuci Tangan Usai dari Toilet

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/18/215489271/20-Jawaban-Tentukan-Anda-Ekstovert-atau-Introvert