Rabu, 26 Juni 2013

10 Penyebab Amarah Dalam Kehidupan Modern

TEMPO.CO, London - Kehidupan modern memberikan kecukupan dalam kebutuhan dasar kita tetapi juga membuat kita menjadi lebih mudah marah, demikian diungkapkan psikolog dari University of Central Lancashire.

Dr. Sandi Mann, sang psikolog, mengatakan bahwa sikap agresi sesekali diperlukan untuk survival (bertahan hidup) tetapi jika tidak digunakan sesuai tujuan maka hal tersebut menyebabkan masalah. Menurut dia, kemarahan yang merupakan kunci untuk bertahan hidup telah berubah menjadi target dari gangguan-gangguan yang tidak penting.

Dr Mann, seperti dikutip situs Daily Mail edisi 21 Juni 2013, mengatakan bahwa gaya hidup nyaman yang kita rasakan telah menyebabkan kita berharap bahwa segala sesuatu harus sempurna. Jika tidak, kita akan menjadi cepat marah seperti anak-anak.

Menurut laporan di The Telegraph, energi dan semangat yang tadinya berfokus pada kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup seperti mendapatkan makanan dan tempat tinggal, menjadi tidak fokus dan kebutuhan sekunder di abad 21 ini. Hal ini dikarenakan orang sudah terpenuhi kebutuhannya dan meninggalkan motivasi untuk kebutuhan dasar tanpa alasan yang tepat.

Akibatnya manusia berevolusi menjadi pemarah dalam beberapa situasi karena emosi memotivasi kita untuk menginginkan sesuatu. Sebagai contoh, merasa lapar membuat kita marah karena meningkatkan level serotonin, yang tadinya memang mengharuskan kita untuk mencari makanan.

Dr Mann mengatakan bahwa kemarahan bisa diatasi dengan melawan ketidaknyamanan itu dengan sebuah pertanyaan apakah insiden ini mengancam survival kita? Jika tidak, maka seharusnya kita mengendalikan kemarahan kita.

Berikut adalah 10 alasan yang membuat kita menjadi cepat marah :
1. Antrean panjang ke dokter
2. Kemacetan lalu-lintas
3. Bus yang penuh
4. Teman yang bercanda mengenai hal-hal yang sensitif
5. Teman yang tidak membayar utang mereka kepada Anda
6. Disalahkan secara keliru
7. Harus membersihkan situasi berantakan yang disebabkan orang lain
8. Harus menunggu lama dalam antrean saat mau menelpon
9. Diberi arah/petunjuk yang keliru
10. Kehilangan barang atau uang

DAILY MAIL I ARBAIYAH SATRIANI

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/26/215491267/10-Penyebab-Amarah-Dalam-Kehidupan-Modern