Selasa, 18 Juni 2013

10 Lagu Terbaik Penghilang Cemas di Pesawat

TEMPO.CO, London--Gugup, takut, cemas menghadapi penerbangan? Dengarkanlah lagu Someone Like You. Sebuah studi mengungkap lagu Adele itu sebagai lagu terbaik untuk menenangkan kecemasan seseorang saat berada di pesawat.

Studi yang dilakukan Spotify, perusahaan penyedia jasa musik digital, ini juga menemukan lagu-lagu yang menstimulasi kedua sisi otak bisa mengurangi perasaan cemas. Nah, lagu Adele masuk kategori itu.

Selain Someone Like You, lagu Sail Away milik Enya, Buffalo Soldier milik Bob Marley, dan Paradise milik Coldplay juga menjadi deretan lagu yang bagus sebelum atau selama penerbangan.

Lagu Someone Like You berada di posisi teratas. Alasannya, lagu ini punya tempo 67 beat per menit--mendekati nilai optimum 60 beat per menit. Selain itu, lagu ini punya nada yang harmonis.

Psikolog kecemasan Becky Spelman, yang memimpin studi ini, mengatakan bernafas dalam tempo musik dengan beat per menit (bpm) rendah, menggunakan headphone, dan mata terpejam, bisa menurunkan rata-rata denyut jantung dan tekanan darah seseorang. Inilah mengapa mendengarkan musik berkategori tersebut bisa mengurangi rasa cemas.

Menurut dia, nada lagu yang harmonis dan penuh perasaan yang merangsang sisi kiri otak (logika) dan sisi kanan otak (emosi) sangat baik untuk mengurangi kecemasan. "Jika sebuah lagu mendekati 60 beat per menit dan orang mulai bernafas dalam tempo musik itu, maka hal itu akan bisa menurunkan rata-rata detak jantung dan orang jadi lebih rileks," kata Becky.

Berikut adalah daftar musik yang bagus didengarkan untuk mengurasi rasa cemas:
1. Someone Like You - Adele
2. Orinoco Flow (Sail Away) - Enya
3. Piano on The Beach - Liborio Conti
4. Piano Concerto No. 21 in C major ("Elvira Madigan") K. 467 — Mozart
5. Better Together - Jack Johnson
6. Pure Shores — All Saints
7. Buffalo Soldier — Bob Marley
8. Scar Tissue — Red Hot Chilli Peppers
9. As I Lay Me Down — Sophie B. Hawkins
10. Inside Out — Britney Spears

NEWS.COM.AU | AMIRULLAH

Terhangat:
EDSUS HUT Jakarta | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca juga:
Ini Penyebab Orang Ekstrovert Suka Berpesta
Kontrasepsi Jangka Panjang Kurang Diminati Perempuan
Orang Cenderung Tak Cuci Tangan Usai dari Toilet
Jempol Kaki Tiba-tiba Bengkok? Ini Sebabnya

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/18/060489075/10-Lagu-Terbaik-Penghilang-Cemas-di-Pesawat