Senin, 13 Mei 2013

Waspada, Migrain Sebabkan Gangguan Perilaku pada Anak

OKEHEALTH | DETAIL FAMILY HEALTH
Helmi Ade Saputra - Okezone
Senin, 13 Mei 2013 11:24 wib

detail berita

Migren pada anak (Foto: Google)

MASALAH migrain umumnya dialami oleh kalangan orang dewasa, tetapi salah satu studi menunjukkan bahwa anak-anak juga dapat menderita migrain yang berpengaruh pada gangguan perilaku mereka.

Pada salah satu studi yang melibatkan 1.856 anak-anak dari usia 5 sampai 11 tahun yang diterbitkan dalam Jurnal Cephalagia menemukan bahwa anak-anak dengan sakit kepala migrain berisiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan perilaku. Hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa anak-anak dengan migrain memiliki risiko lebih tinggi untuk gangguan depresi, kecemasan, dan perilaku seperti hiperakaktif serta masalah perhatian.

“Sulit untuk mencari hubungan antara masalah seperti depresi dan hiperaktif dari migrain karena semua kondisi ini sering terjadi pada anak-anak” ujar Andrew D. Hershey, MD, Phd, Associate Director dari penelitian neurology dan profesor ediatri di Rumah Sakit Anak Cincinnati di Ohio, seperti dilansir  Everydayhealth.

“Kedua masalah perilaku tersebut dan sakit kepala perlu diperiksa. Dan yang paling penting untuk disadari adalah bahwa anak-anak dapat menderita migrain. Bahkan, migrain adalah salah satu dari lima masalah gangguan pada anak, bahkan lebih umum daripada penyakit asma pada anak,” tambah Andrew D. Hershey, MD, Phd.

Migrain dapat mulai terjadi dari usia berapa pun, sebelum pada usia 7 tahun akan lebih sering diderita oleh anak laki-laki. Setelah masa pubertas, migrain lebih sering terjadi pada anak perempuan. (ind) (tty)

  • Jauhi Kanker Payudara dengan Aerobik
  • Polusi Picu Risiko Diabetes kepada Anak-anak
  • Anak Lakukan Penolakan, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?
  • Jika Anak Ketagihan Bilang "Tidak"
  • Kenali Ragam Tanda Lahir pada Bayi

http://health.okezone.com/read/2013/05/13/483/806002/waspada-migrain-sebabkan-gangguan-perilaku-pada-anak