Minggu, 12 Mei 2013

Uring-uringan Gara-gara Mimpi Pasangan Selingkuh itu Normal

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Pernahkah Anda terbangun dalam keadaan galau atau uring-uringan sendiri pada pasangan hanya karena memimpikan si dia selingkuh? Mungkin bagi pasangan, Anda tampak irasional, tapi sebuah studi baru mengatakan reaksi itu normal-normal saja.

Studi yang baru saja dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science ini untuk pertama kalinya memperlihatkan bahwa mimpi dapat memberikan konsekuensi riil terhadap interaksi pasangan.

Kesimpulan ini diperoleh setelah tim peneliti dari University of Maryland, AS mengamati jurnal mimpi dan aktivitas rumah tangga dari 61 partisipan yang berpasangan.

Dari situ peneliti menemukan bahwa mimpi tentang perselingkuhan, kecemburuan dan perilaku 'buruk' lain yang muncul dalam sebuah hubungan dapat dikaitkan dengan peningkatan konflik antarpasangan serta mengurangi tingkat keintiman pasangan beberapa hari setelah mimpi itu muncul.

"Banyak orang yang tidak memperhatikan mimpi-mimpi mereka dan tak menyadari dampaknya terhadap pola pikir mereka. Tapi dengan studi ini kami dapat membuktikan bahwa ada keterkaitan diantara keduanya," tandas ketua tim peneliti Dylan Selterman yang juga staf pengajar ilmu psikologi di University of Maryland seperti dilansir Huffingtonpost, Minggu (12/5/2013).

Namun terlepas dari hal itu, studi lain memprediksi jika porsi kemunculan seseorang dalam mimpi pasangannya dapat mencapai 20 persen. Hal itu berarti jika suatu ketika Anda bermimpi pasangan telah berselingkuh atau mengkhianati Anda maka di kesempatan mimpi yang lain, ia harus 'menebusnya' dengan melakukan 'sesuatu yang benar' atau memperbaiki kesalahan tersebut.

(vit/vta)

http://health.detik.com/read/2013/05/12/160549/2243590/1390/uring-uringan-gara-gara-mimpi-pasangan-selingkuh-itu-normal?991104topnews