Jumat, 10 Mei 2013

Turunkan Tekanan Darah dengan Berjemur di Bawah Matahari Pagi

Berjemur sekitar pukul 06.00 pagi baik untuk turunkan tekanan darah (Foto - totalfitness)

Berjemur sekitar pukul 06.00 pagi baik untuk turunkan tekanan darah (Foto - totalfitness)

Tak cuma menurunkan tekanan darah tapi juga memenuhi kebutuhan akan vitamin D

JAKARTA, Jaringnews.com -Anda yang memiliki tekanan darah tinggi sangat dianjurkan berjemur di bawah sinar matahar pagi. Karena, efeknya bisa menurunkan tekanan darah. Demikian hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Edinburgh, Inggris.

Para ahli percaya sinar ultraviolet memicu penyimpanan nitrogen dalam tubuh, yang lalu masuk ke aliran darah. Efeknya, akan membuat relaksasi di pembuluh darah dan menurunkan tekanan. 24 orang yang dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka diminta untuk berjemur selama 20 menit di bawah tanning lamp, yang kadar cahayanya bisa diatur. Hasilnya, level tekanan darah mereka menurun.

"Meskipun bisa menurunkan tekanan darah, tapi jika berjemur di bawah sinar matahari langsung sebaiknya gunakan perlindungan. Oleskan dulu krim yang mengandung sun protection formula untuk mengurangi risiko kanker kulit,"ujar Nina Goad, dari British Association of Dermatologists, seperti dikutip dari Telegraph.

Anda bisa berjemur sekitar pukul 06.00 pagi. Bisa sambil lari-lari kecil nikmati hangatnya sinar matahari. Lakukan secara teratur. Tak cuma menurunkan tekanan darah tapi juga memenuhi kebutuhan akan vitamin D bagi tubuh.
 

(Mys / Mys)

http://jaringnews.com/hidup-sehat/medika/40455/turunkan-tekanan-darah-dengan-berjemur-di-bawah-matahari-pagi