Kamis, 16 Mei 2013

Tidak Langsung Diminum Setelah Diseduh, Khasiat Teh Bisa Hilang

img

Dok. Thinkstock

Jakarta - Apapun jenisnya, manfaat teh bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Baik itu teh hijau, teh hitam maupun teh oolong. Namun agar manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal, minum teh pun ada aturannya.

Menurut pakar nutrisi Emilia E. Achmadi MS., RD, teh sebaiknya harus segera diminum setelah diseduh. Ketika sudah terkena air panas, terpapar cahaya dan udara, kandungan antioksidan dalam teh umumnya hanya bertahan selama 45 menit. Lebih dari itu, manfaatnya akan berkurang bahkan hilang.

"Apalagi yang sudah disimpan di dalam kulkas seharian. Hanya jadi minuman teh saja, tapi antioksidannya sudah tidak ada," ujar Emilia dalam acara 'A Guilt Free Session with Oolong Tea' yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).

Teh paling ideal diminum sendiri jika ingin merasakan kenikmatannya. Namun tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita maag. "Jangan, baiknya saat atau setelah makan," tutur Emilia yang kerap mengisi kolom kesehatan di berbagai majalah gaya hidup.

Khusus untuk teh oolong, paling baik diminum saat menyantap makanan berlemak. Karena kandungan antioksidannya akan meminimalisir penyerapan lemak berlebih oleh tubuh. Sementara jika makan daging atau makanan yang mengandung kalsium dan zat besi, sebaiknya minum air putih.

"Teh bisa menghambat penyerapan kalsium dan mineral seperti zat besi. Jadi baiknya minum air putih saja," tutur Emilia.

Minum teh pun jangan berlebihan. Emilia menyarankan asupan teh maksimal 2-3 cangkir per hari atau tak lebih dari 500 ml. Sebab teh punya efek diureutik --membuat lebih sering buang air kecil-- sehingga berisiko mengakibatkan dehidrasi. Terlebih lagi, teh mengandung kafein yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat jantung berdegup lebih kencang.

"Kalau lebih dari tiga cangkir, seimbangkan dengan minum air putih lebih banyak untuk cegah dehidrasi," jelasnya.

(hst/aln)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com

http://wolipop.detik.com/read/2013/05/16/103534/2247500/849/tidak-langsung-diminum-setelah-diseduh-khasiat-teh-bisa-hilang