Senin, 13 Mei 2013

Tanda-tanda Susah Ereksi Bisa Kelihatan dari Kaki

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Berbadan tegap bukan jaminan bagi laki-laki untuk menjadi pejantan tangguh saat berada di atas ranjang. Penampilan luar sering menipu, banyak laki-laki yang tampak menawan tapi ternyata susah ereksi. Untung kaki tak pernah bohong.

Sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Epidemology menunjukkan bahwa risiko mengalami disfungsi ereksi bisa dilihat dari kaki. Makin tinggi risiko susah ereksi, makin besar pula kemungkinan mengalami restless leg syndrome atau sindrome kaki gelisah.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan dari Harvard Medical School membagikan kuesioner kepada 10.394 laki-laki untuk menanyakan riwayat restless leg syndrome yang mungkin pernah dialami. Hasil pengisian kuesioner dibandingkan dengan pengamatan 6 tahun kemudian.

Hasil pengamatan tersebut menunjukkan, 23,4 persen laki-laki yang mengalami restless leg syndrome pada akhirnya juga mengalami disfungsi ereksi. Perbandingannya cukup signifikan dibandingkan 15,4 persen laki-laki tanpa gejala restless leg syndrome yang mengalami disfungsi
ereksi.

Kemungkinan penyebabnya adalah defisiensi atau kekurangan hormon dopamin, yang dialami oleh sebagian besar penderita restless leg syndrome. Bagi seorang laki-laki sehat, dopamin itu sendiri berfungsi sebagai neurotransmitter utama untuk bisa ereksi.

"Saat kadarnya sedikit, kekurangan dopamin bisa memicu disfungsi ereksi," kata Xiang Gao, MD yang memimpin penelitian ini seperti dikutip dari MensHealth, Senin (13/5/2013).

Restless leg syndrome atau sindrom kaki gelisah itu sendiri adalah sejenis gangguan sistem saraf yang membuat kaki tidak bisa diam. Saat duduk, bisa menyebabkan kaki naik turun seperti sedang menjahit dengan mesin jahit manual sedangkan saat tidur bisa bikin kaki menendang-nendang sepanjang malam.

(up/vit)

http://health.detik.com/read/2013/05/13/090207/2243819/1390/tanda-tanda-susah-ereksi-bisa-kelihatan-dari-kaki?991104topnews