Senin, 27 Mei 2013

Tak Hanya Sehat, Olahraga Bisa Bikin Bahagia

INILAH.COM,Jakarta - Olahraga rutin ternyata tak hanya membuat badan sehat dan berat badan ideal namun juga bisa bikin kita lebih bahagia.

Dilansir Huff Post, berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Sport & Exercise Psychology menambahkan satu lagi manfaat olahraga, yaitu membuat bahagia.

Riset yang dilakukan para peneliti di Penn State University, Amerika menemukan bahwa semakin sering seseorang terlibat dalam kegiatan olahraga, semakin besar juga rasa senang dan antusiasme yang mereka dapatkan dibandingkan dengan orang yang jarang olahraga.

"Kami menemukan, orang yang lebih aktif secara fisik perasaan senangnya lebih aktif ketimbang orang yang jarang mengolah fisiknya. Kami juga menemukan, orang lebih bahagia di hari saat mereka berolahraga dibandingkan ketika mereka tidak olahraga," tutur Amanda Hyde, anggota tim peneliti.

Studi tersebut menganalisa aktivitas harian dari 190 mahasiswa. Para responden diminta membuat jurnal tentang jumlah dan tingkatan aktivitas fisik yang mereka lakukan saat jam istirahat (sekitar 15 menit atau lebih).

Mereka juga diharuskan mencatat kualitas tidur setiap malam serta keadaan mental secara keseluruhan (seperti stres atau emosi lainnya). Selama delapan hari, di setiap malam, responden memberikan catatan mereka pada peneliti.

Hasilnya, melakukan olahraga lebih intens dari yang biasa dilakukan bisa mengaktifkan perasaan yang menyenangkan.

Nah, berikut beberapa jenis olahraga yang jika dilakukan secara rutin bisa membuat Anda bahagia...

Jalan kaki

Berjalan merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menjernihkan pikiran dan membuat Anda rileks. Berjalan santai juga membantu menaikkan mood Anda. Cobalah berjalan sambil mendengarkan musik di iPod, biarkan pikiran Anda tenang dan hiruplah nafas dalam-dalam.

Skipping

Skipping atau lompat tali tak hanya bisa membuat Anda keringatan, tetapi juga membuat badan Anda bugar. Mulai perlahan-lahan melompat minimal 100 kali dengan jeda diantaranya. Dan, melompat tali secara rutin akan melepaskan hormon endorphin, sejenis hormon yang memberikan perasaan senang.

Olahraga outdoor

Olahraga outdoor lebih bersifat petualangan yang memacu adrenalin dan sangat cocok untuk menghilangkan stres. Cobalah bungee jumping, parasailing, rafting, naik gunung, panjat tebing hingga surfing.

Olahraga ini memerlukan energi dan menggunakan otot. Aktivitas ini bekerja pada kaki, tangan dan perut sehingga tubuh menjadi bugar. [mor]

Source : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1993335/tak-hanya-sehat-olahraga-bisa-bikin-bahagia