Jumat, 10 Mei 2013

Tak Hanya Nikmat, Teh Herbal Juga Menyehatkan - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Walau telah diketahui bahwa teh mengandung tanin akan tetapi bila tidak berlebih minum teh akan tetap aman bagi tubuh.

Teh herbal terdiri atas beragam jenis dan masing-masing jenis memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan. Berikut adalah jenis-jenis teh herbal yang bisa Anda konsumsi sesuai dengan manfaat yang ingin didapat.

Diane McKay dan Jeffrey Blumberg, ahli dari Jean Mayer Human Nutrition Research Center on Aging Deptan AS melihat bukti medis manfaat kesehatan dari meminum tiga tanaman herbal paling populer di Amerika.

Teh chamomile

Teh yang terbuat dari bunga chamomile ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran, mengatasi kegelisahan, dan membuat tidur nyenyak. Konsumsi secara reguler juga bermanfaat meredakan gangguan pencernaan dan gangguan perut. Namun, teh dengan aroma segar ini tidak dianjurkan bagi wanita.

Teh peppermint

Teh yang terbuat dari daun mint ini berkhasiat meredakan stres. Dengan kandungan kalsium, potasium dan vitamin B, teh ini juga bermanfaat meredakan gangguan pencernaan, dan memaksimalkan kerja otak. Juga ambuh menyegarkan aroma mulut.

Hibiscus

Teh yang terbuat dari bunga hibiscus ini mampu menjaga dan memperbaiki metabolisme tubuh. Dengan kandungan vitamin dan mineral, teh ini sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Juniper tea

Konsumsi juniper tea secara rutin akan membatu Anda mendetoksifikasi pada tubuh. Manfaat lainnya adalah teh ini juga dapat berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mencegah peradangan pada kantung kemih. Bahkan sebagian orang juga percaya kalo teh herbal satu ini dapat menyembuhkan flu babi.

Teh hijau

Namanya mungkin sudah tidak asing lagi. Teh hijau dikenal dengan kandungan anti-oksidannya yang tinggi. Selain itu konsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu melancarkan metabolisme, dan meningkatkan imunitas. Tak heran jika teh ini sering dinikmati oleh mereka yang sedang menjalankan program diet.

Lemon balm tea

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, sebaiknya menghindari jenis teh yang satu ini. Karena teh ini akan membuat perut Anda menjadi lapar.

Teh ini cocok diminum untuk orang yang memiliki masalah dengan nafsu makan. Teh ini juga kaya antioksidan seperti dengan teh hijau, hanya bedanya yang satu menurunkan berat badan, yang ini menaikan berat badan.

Rosemary

Daun yang juga bermanfaat sebagai bumbu masakan ala Eropa atau Mediteranian ini juga banyak dipakai untuk memberi cita rasa pada teh. Rosemary bisa menjaga pembuluh darah tetap baik sehingga aliran darah ke seluruh tubuh tetap lancar. Sebab itu, teh rosemary bisa Anda konsumsi untuk meredakan sakit kepala.

Thyme

Jika tenggorokan terasa gatal akibat gejala flu, redakan dengan secangkir teh thyme. Daun yang juga merupakan bumbu masakan ini bisa melegakan tenggorokan dan hidung serta mengatasi gatal yang tidak mengenakkan. [mor]

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1987411/tak-hanya-nikmat-teh-herbal-juga-menyehatkan