Rabu, 22 Mei 2013

Tablet Penurun Tekanan Darah Kurangi Risiko Kanker

SAMPAI saat ini tablet sudah banyak dikonsumsi oleh jutaan warga Inggris untuk menurunkan tekanan darah mereka. Selain itu, tablet penurun tekanan darah juga digunakan untuk memangkas risiko menderita serangan jantung atau stroke yang mematikan.


Saat ini para ilmuwan telah menemukan bahwa beta blockers dapat mengurangi risiko kematian akibat kanker tertentu hingga 85 persen, meskipun belum jelas bagaimana pil bekerja untuk mengalahkan kanker tersebut. Para ahli mengatakan, tablet penurun tekanan darah masuk dalam tubuh untuk menghentikan sel-sel ganas yang awalnya menyebar dari tumor, kemudian menyebar ke organ utama.
 
“Ini adalah yang terbaru dari beberapa penelitian kecil yang mengisyaratkan bahwa beta bloker dapat membantu untuk mengobati beberapa jenis kanker. Tetapi itu terlalu dini untuk memastikan apakah obat ini dapat secara rutin diberikan kepada pasien kanker,” jelas Yinko Ebo, petugas senior informasi kesehatan Cancer Research UK, sebagaimana dilansir Express.
 
Dia juga menambahkan perlu penelitian lebih lanjut tentang manfaat dan risiko penggunaan beta blocker tersebut. Sementara itu, para ilmuwan dari Cancer Research UK sedang menyelidiki apakah beta blockers dapat membantu mencegah penyebaran kanker payudara.
 
“Penelitian yang lebih besar dan lebih kuat diperlukan untuk sepenuhnya dipahami manfaat dan risiko beta blockers dalam mengobati kanker. Satu studi sedang dilakukan para ilmuwan Cancer Research UK yang menyelidiki apakah beta blockers dapat membantu mencegah penyebaran kanker payudara", tambah Yinko Ebo.
 
Dalam studi yang sedang berlangsung, para ilmuwan menemukan bahwa beta blockers dapat mengurangi kematian akibat kanker kulit sebesar 13 persen, serta mengurangi kematian akibat kanker payudara sebesar 80 persen.
(tty)

http://health.okezone.com/read/2013/05/21/482/810363/tablet-penurun-tekanan-darah-kurangi-risiko-kanker