Senin, 13 Mei 2013

Sering Keputihan, Waspada Ancaman Diabetes

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Qalbinur Nawawi - Okezone
Senin, 13 Mei 2013 15:37 wib

detail berita

Alami keputihan (Foto: Google)

MASALAH diabetes militus pada wanita di Indonesia semakin meningkat meski di usia produktif. Oleh karena itu, mengambil langkah pencegahan menjadi kunci penting agar terkena risiko tersebut.

Adapun hal ini disampaikan oleh dr. Dyah Purnamasari, SpPD stav Divisi Metabolik Endokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia menjelaskan meski di rentang usia produktif atau belum menopuse wanita dapat terkena diabetes bila memiliki gaya hidup tidak sehat.

"Banyak beredarnya junkfood dan mengonsumsi minuman soda dan manis-manis belakangan ini, menjadi 'sponsor' utama kaum mudah terkena diabetes. Apalagi bila Anda memiliki tubuh gemuk dan lingkar perut yang bertambah, kondisi itu akan meningkatkan risiko berkali-kali lipat. Sehingga hormon wanita yang merupakan pelindung tubuh tidak akan berfungsi, dan ancaman diabetes pun sudah tak bisa dihindari," katanya dalam acara yang bertema Diabetes pada wanita, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kencana, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2013)

Dia menambahkan, pada dasarnya tidak terdapat perbedaan antara laki-laki dan wanita. Namun, fenomena jarang berolahraga saat wanita sudah berkeluarga rata-rata merupakan kontribusi terbesar risiko ini. Dituturkan lebih lanjut, salah satu gejala yang biasa dialami wanita dan bisa dicurigai ke arah diabetes adalah keputihan berulang-ulang.

kemarin keputihan, besok tidak, tapi, besok-besok berikutnya sering keputihan. Nah, bila sudah di kondisi itu menurut sisi medis sangat berisiko memicu infeksi saluran kemih berulang dan tidak baik untuk kesehatan ginjal. Dan sebaiknya langsung pergi ke dokter agar dapat dilihat diagnosa yang tepat mengenai keluhan Anda," terangnya. (ind) (tty)

  • Diabetisi Wanita Rentan Terkena Osteoporosis
  • Sering Keputihan, Waspada Ancaman Diabetes
  • Kesadaran Masyarakat Indonesia Soal Bahaya Diabetes Masih Minim
  • Diabetes pada Wanita Duduki Urutan Teratas Penyebab Kematian
  • 3J Selamatkan Diabetisi dari Penyakit Komplikasi

http://health.okezone.com/read/2013/05/13/482/806217/sering-keputihan-waspada-ancaman-diabetes