Minggu, 05 Mei 2013

Seberapa Parahkah Tingkat Asma Anda? - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Mengontrol asma dapat dilakukan dengan cara yang mudah, efektif, dan efisien. Demikian penjelasan Prof Dr dr Bambang Supriyatno, Sp A (K) yang menjadi pembicara pada seminar memperingati Hari Asma Sedunia di Jakarta. Bambang mengatakan, Asthma Control Test yang disebut (ACT) merupakan mediasi yang dapat dilakukan oleh penyandang asma untuk mengetahui tingkat atau skor asma yang diderita atau disandangnya.

"Asthma Control Test (ACT) dengan nilai atau skor 25 mengkuantifikasi tingkat pencapaian masing-masing kriteria kontrol. Artinya, penyandang sudah mencapai total kontrolnya," ujar Bambang.

Berikut ini cara mengontrol asma dengan pertanyaan ACT (Asthma Control Test).

Pertama: Dalam 4 minggu terakhir, seberapa sering penyakit asma mengganggu Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari di kantor, di sekolah, atau di rumah? (1) selalu; (2) sering; (3) kadang-kadang; (4) jarang; (5) tidak pernah.

Kedua: Dalam 4 minggu terakhir, seberapa sering Anda mengalami sesak napas? (1) lebih dari 1 kali sehari; (2) 1 kali sehari; (3) 3-6 kali seminggu; (4) 1-2 kali seminggu; (5) tidak pernah.

ketiga: Dalam 4 minggu terakhir, seberapa sering gejala-gejala asma (bengek, batuk-batuk, sesak napas, nyeri dada, atau rasa tertekan di dada) menyebabkan Anda terbangun di malam hari atau lebih awal dari biasanya? (1) 4 kali atau lebih seminggu; (2) 2-3 kali seminggu; (3) 1 kali seminggu; (4) 1-2 kali sebulan; (5) tidak pernah.

Keempat: Dalam 4 minggu terakhir, seberapa sering Anda menggunakan obat semprot darurat/nebulizer (tablet/sirup) atau obat oral untuk melegakan pernapasan? (1) 3 kali atau lebih sehari; (2) 1-2 kali sehari; (3) 2-3 kali seminggu; (4) 1 kali seminggu atau kurang; (5) tidak pernah.

Kelima: Bagaimana penilaian Anda terhadap tingkat kontrol asma Anda dalam 4 minggu terakhir? (1) tidak terkontrol sama sekali; (2) kurang terkontrol; (3) cukup terkontrol; (4) terkontrol dengan baik; (5) terkontrol sepenuhnya.

Untuk mengetahui hasil kontrol asma Anda, maka jumlahkan angka dari setiap jawaban pertanyaan yang telah Anda pilih menurut kontrol yang Anda biasa lakukan. Bila skor < 20 menunjukkan asma Anda tidak terkontrol. Apabila skor 20-24 artinya tingkat kontrol asma Anda baik. Dan bila skornya 25 berarti asma Anda terkontrol. Selamat mencoba!

HADRIANI P

Baca juga:
Finalis X Factor Indonesia Ramaikan Konser Lenka
Lenka Buka Konsernya dengan Shena 'X Factor'
Konser Cinta Musik Indonesia Meriah
Shena Tak Masalah Dipulangkan X Factor
Aerosmith Batal ke Jakarta

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/05/060478058/Seberapa-Parahkah-Tingkat-Asma-Anda