Minggu, 19 Mei 2013

Sayuran Ini Jauhkan Anda dari Bahaya Kanker Payudara

WORTEL telah lama diketahui baik untuk mata. Wortel ternyata juga baik untuk otak dan pencegahan kanker payudara.

Wortel memiliki senyawa disebut luteolin yang dapat mengurangi defisit memori, sering dikaitkan dengan usia seorang dan peradangan di otak. Manfaat ini sendiri didapatkan berdasarkan uji coba terhadap tikus yang mengonsumsi 20 miligram luteolin, dan ditemukan wortel dapat mengurangi peradangan di otak.

Bahkan, peneliti mengatakan senyawa tersebut juga mengembalikan kemampuan memori tikus ke tingkat saat muda. Tentu ini kabar baik, yakni otak Anda bisa terus maksimal berfungsi meski di usia tua.

Sementara, manfaat lain dari wortel tidak kalah penting, yakni ampuh mencegah perkembangan sel kanker payudara. Ini berdasarkan hasil penelitian, dimana responden yang mengonsumsi wotel setidaknya tiga kali sepekan terhindari dari risiko kanker payudara sebesar 17 persen, seperti dilansir Realage, Sabtu (18/5/2013).

Kondisi itu bisa terjadi karena wortel kaya carotenoid antioxidants (antioksidan karotenoid). Senyawa ini membantu melindungi terhadap kerusakan DNA oksidatif, sebuah tahapan penting dalam proses terjadinya kanker.

Lebih jauh lagi, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi wortel dapat mengurangi penyebab lain dari kanker, yaitu menekan hormon estrogen negatifnya. Ini tentu saja salah satu poin penting, dimana estrogen disebut-sebut mempercepat perkembangan sel kanker pada payudara wanita.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya Anda menyimpan wortel di lemari es. Pasalnya, dengan kandungan yang vital, wortel bisa menjaga fungsi otak terus maksimal dan juga mencegah kanker payudara. (ftr)

http://health.okezone.com/read/2013/05/18/484/809032/sayuran-ini-jauhkan-anda-dari-bahaya-kanker-payudara