Jumat, 10 Mei 2013

Protein ASI Bisa Memulihkan Antibiotik Resisten - Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta--Protein yang terkandung dalam air susu ibu (ASI) bisa membantu membalikan antibiotik yang telah resisten jadi berfungsi lagi. Selain itu, dalam penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Buffalo, Amerika, ini juga menemukan ASI menawarkan rintisan baru melawan kuman membandel (superbug).

Temuan yang dipublikasikan di jurnal PLoS ONE itu didasarkan pada eksperimen laboratorium. Peneliti menggunakan cawan dan binatang untuk mengetes protein kompleks yang disebut Human α-lactalbumin Made Lethal to Tumor Cells (HAMLET).

Dalam eksprerimen itu, peneliti menemukan bahwa senyawa tersebut bisa meningkatkan sensitivitas bakteri yang tangguh terhadap antibiotik, membalikan resistensi, dan membuat dosis antibiotik jadi lebih rendah saat diuji pada tikus sakit.

Kuman Streptococcus pneumoniae yang resisten penisillin dan Staphylococcus aureus yang resisten metisillin mendapatkan kembali sensitivitasnya pada antibiotik yang sebelumnya bisa mereka kalahkan.

"HAMLET mempunyai potensi untuk meminimalkan konsentrasi antibiotik yang kita gunakan untuk melawan infeksi, dan memungkinkan kita menggunakan antibiotik yang sudah mapan untuk melawan kuman yang resisten," kata kepala peneliti Anders Hakansson seperti dilansir situs Medindia, Kamis, 2 Mei 2013.

Hakansson yang juga asisten profesor di bidang mikrobiologi dan immunologi menemukan protein kompleks saat bekerja di laboratorium Catharina Svanborg di Lund, Swedia. dalam penelitian sebelumnya, protein kompleks itu telah menunjukan kemampuan membunuh secara selektif baik sel tumor maupun bakteri.

Ilmuwan berharap suatu saat protein kompleks itu bisa digunakan pada manusia, dengan mengkombinasikan dengan antibiotik yang telah ada, untuk meningkatkan kemampuan melawan superbug dan obat yang resisten terhadap bakteri.

MEDINDIA I AMIRULLAH

Topik terhangat:
Susno Duadji
 | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional

Baca juga:
Kacang Sumber Makanan Menyehatkan
Implan Payudara Meningkatkan Risiko Kanker
Perokok Pasif Turun Kadar Kolesterol 'Baik' 
Elza Syarif Puji Keselarasan Kaum Hawa Indonesia

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/03/060477580/Protein-ASI-Bisa-Memulihkan-Antibiotik-Resisten