Sabtu, 18 Mei 2013

Percakapan di Ponsel Picu Tekanan Darah Tinggi

INILAH.COM, Jakarta - Melakukan percakapan terlalu lama melalui telepon genggam menyebabkan tekanan darah naik. Karena pada umumnya pembicaraan selalu berakhir dengan membuat stres.

PenelitianRumah Sakit Saliceto di Italia,melibatkan 94 pasien dengan hipertensi ringan yang kemudian diambil 12 pembacaan tentang tekanan darah mereka dengan interval satu menit.

Para peserta yang rata-rata berusia 53, duduk di kursi yang nyaman di ruang konsultasi dokter dan ditinggalkan sendiri setelah pembacaan tekanan darah pertama diambil.

Peneliti kemudia menelepon pasien setidaknya tiga kali dan melakukan percakapan. Hasilnya pasien mengalami tekanan darah meningkat dari 121/77 menjadi 129/82.

Tekanan darah yang sehat adalah 120/80 untuk orang dewasa berusia 20 tahun ke atas.

Seperti dilansir daridailymail, para peneliti juga menemukan pasien yang mendapat lebih dari 30 panggilan per hari mengembangkan bentuk kekebalan terhadap lonjakan tekanan darah.

Setiap hari ada 350 kasus stroke atau serangan jantung di Inggris disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Telah lama diketahui tekanan darah tinggi secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dianggap 'silent killer', tekanan darah tinggi mempengaruhi sekitar satu miliar orang di seluruh dunia, termasuk lebih dari satu dari empat orang di Inggris dan sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat. [mor]

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1990254/percakapan-di-ponsel-picu-tekanan-darah-tinggi