Minggu, 05 Mei 2013

Pembalut Herbal Bisa Cegah Kanker Serviks? - Detikcom

Jumat, 03/05/2013 13:13 WIB

Arina Yulistara - wolipop

img

Dok. Thinkstock

Jakarta - Wanita pada umumnya selalu memakai pembalut dengan merek yang sama saat sedang haid karena merasa nyaman dengan brand tersebut. Seiring berkembangnya teknologi dan medis pilihan pembalut kini tidak hanya nyaman tapi sehat. Bahkan kabarnya ada pembalut yang bisa mencegah kanker, benarkah?

Menurut dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), jika ada pembalut seperti itu berarti kandungan di dalamnya berasal dari bahan-bahan alami atau herbal. Herbal memang baik untuk kesehatan tapi tidak bisa dikatakan ampuh mencegah kanker serviks.

"Herbal sangat higienis, tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimiawi. Saya kira masuk akal saja tapi nggak harus pakai juga artinya dia lebih sedikit terkontaminasi dengan bahan kimia lainnya, tapi kalau dibilang dia mencegah nggak juga," papar dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).

Dokter yang juga menjabat sebagai Kasubdin Pelayanan Kesehatan Mabes TNI AU itu menambahkan, semua pembalut fungsinya sama. Hanya saja perlu diperhatikan izin dan daftar konsumennya untuk mengetahui aman tidaknya merek tersebut. Jangan lupa memperhatikan kemasan pembalut itu sendiri, sudah rusak atau belum.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanudin itu juga memberikan saran kepada para wanita yang sedang haid agar rajin ganti pembalut. Jangan didiamkan selama seharian terutama ketika menstruasi hari pertama dan kedua. Pemakaian pembalut seharian bisa menumbuhkan jamur yang bisa sebabkan kanker serviks.

"Kalau nggak ganti seharian itu kan lembab, kumannya tumbuh, bisa tumbuh jamur atau bakteri. Kalau jamur gatal, kalau bakteri itu berbau, dan semua bisa menyebabkan kanker serviks juga," tuturnya ramah di akhir pembicaraan.

(aln/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi :
  • email : sales[at]detik.com

http://wolipop.detik.com/read/2013/05/03/131351/2237264/1135/pembalut-herbal-bisa-cegah-kanker-serviks