Kamis, 16 Mei 2013

Minum Teh Seimbangkan Gaya Hidup Buruk

INILAH.COM, Jakarta - Segala bentuk kemudahan dan kenyamanan di kota besar tak jarang justru memberi dampak negatif dalam kehidupan seseorang, hingga akhirnya muncul penyakit secara dini yang sebelumnya hanya menyerang orang lanjut usia.

Ahli gizi dan makanan, Emilia E. Achmadi MS memaparkan setidaknya ada lima kebiasaan yang menjadi faktor utama munculnya penyakit secara dini.

Hal ini dipaparkan Emilia dalam acara edukasi 'A Guilt Free Session with Oolong Tea', teh asal negeri Cina di Jakarta, Rabu (15/5).

Stres

Saat mengalami ini, kata dia, tubuh distimulasi untuk memproduksi hormon kortisol yang memiliki sifat mengiritasi sehingga menaikkan tekanan darah dan menurunkan gula dalam darah.

Kurang tidur

"Ada yang bilang banyak begadang membuat tubuh menjadi kurus, ini salah besar. Kurang tidur justru memicu naiknya berat badan," kata Emilia.

"Karena ini akan menurunkan produksi hormon leptin, hormon yang mengatur nafsun makan. Hormon ini hanya diproduksi ketika dalam keadaan tidur," sambungnya.

Sebaliknya, kata dia, dalam keadaan tidak tidur, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon ghrelin yang membuat seseorang menginginkan makanan berlemak.

Pola makan buruk

Nyatanya, terbatasnya waktu dan kenyamanan membuat orang justru memilih makanan cepat saji yang mengandung lemak, gula dan garam dalam kadar tinggi melebihi asupan yang dianjurkan.

Padahal makanan ini adalah yang mencetuskan empat penyakit degeneratif, jantung koroner (JK), kanker, diabetes dan stroke.

Gaya hidup buruk

"Merokok dan alkohol seperti sudah menjadi lifestyle, sayangnya ini gaya hidup yang negatif. Kini orang sangat mudah mendapatkan alkohol," kata wanita cantik lulusan Universitas Oklahoma State ini.

Padahal, tanpa disadari ini telah memasukkan energi kosong yang banyak ke dalam tubuh (7kkal per 1 gr) dan pengrusakan organ tubuh seperti paru-paru dan hati.

Polusi

Hidup di kota padat seperti DKI Jakarta ini memang tidak bisa dipungkiri turut membiarkan polusi udara mencemari tubuh kita.

Selain memasukkan radikal bebas dan jumlah besar yang tidak bisa ditangani tubuh, ini juga memproses proses penuaan.

Lalu bagaimana agar dampak buruk lima kebiasaan itu tidak menggeroti kesehatan tubuh kita baik fisik maupun mental, Emilia setuju bahwa salahnya satunya dengan membudayakan kebiasaan mengkonsumsi teh. [mor]

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1989741/minum-teh-seimbangkan-gaya-hidup-buruk