Jumat, 24 Mei 2013

Minum Obat Saat Menyusui, Silakan Bu!

Minum Obat Saat Menyusui, Silakan Bu!

Liputan6.com, Masih banyak ibu menyusui yang bingung, apakah bila sakit boleh minum obat atau tidak. Menurut Dokter Spesialis Anak Dr. I Gusti Ayu Pratiwi, SpA, MARS, para ibu yang mengonsumsi obat-obatan dokter karena sakit, pada dasarnya tetap boleh menyusui.

"Semua obat pada dasarnya aman, sehingga tidak berpengaruh saat menyusui, terkecuali penyakit-penyakit menular yang memang perlu perhatian khusus," katanya seperti ditulis Jumat (24/5/2013).

Ada penyakit yang memang tidak diperbolehkan untuk menyusui, di antaranya HIV dan cacar air selain itu aman namun tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

"Ada penyakit yang tidak aman, namun ada juga yang tetap aman. Sebaiknya konsultasi dengan dokter, penyakit menular seperti HIV dan Cacar Air memang tidak dianjurkan untuk menyusui karena ditakutkan virus dapat menular ke bayi yang masih rentan akan penyakit," ucap Dr. Tiwi.

Selama masa menyusui, para ibu sebaiknya menerapkan pola makan yang baik dan teratur serta banyak beristirahat, maka hal ini tidak akan berpengaruh terhadap kondisi bayi.

"Ibu yang menyusui sebaiknya menjaga pola hidup sehat, pola makan baik dan teratur serta banyak beristirahat," ujarnya.

(Mia/Abd)

Source : http://health.liputan6.com/read/595191/minum-obat-saat-menyusui-silakan-bu