Kamis, 30 Mei 2013

Makin Tua, Makin Bahagia

TEMPO.CO, Jakarta - Meski mengalami penurunan kesehatan fisik dan mental, orang lanjut usia ternyata lebih bahagia dibanding orang dewasa atau remaja. Sebuah penelitian di Universitas California mengungkapkan bahwa semakin lanjut usia seseorang maka semakin tinggi tingkat kemampuan mengendalikan emosi negatif mereka. "Mereka jadi lebih bijaksana."ujar Iris Mauss, seorang psikolog dan asisten profesor di Universitas California, Amerika Serikat di artikel Live Science.

Penelitian melibatkan 340 orang berusia 21-73. Tingkat kemarahan dan kecemasan mereka dipantau dan dinilai setiap hari selama dua pekan. Sebelum dan setelah penelitian, mereka diminta untuk memberikan pidato di depan kamera dengan sedikit waktu untuk mempersiapkan. Dari situ, tingkat penerimaan emosi mereka diukur. Hasilnya, para orang tua lebih mampu mengendalikan emosi dan tidak gampang cemas apalagi marah.

Para peneliti belum tahu mengapa kemampuan untuk menerima emosi negatif akan lebih baik pada orang lanjut usia. Namun, mereka yakin, orang lanjut usia telah mengalami peristiwa kehidupan yang lebih yang berada di luar kendali mereka, seperti penyakit dan kematian orang yang dicintai. Dengan pengalaman hidup yang lebih ini, orang dapat belajar bahwa mengendalikan peristiwa itu adalah usaha yang sia-sia. Sehingga, mereka lebih bisa menerima kenyataan dengan lapang dada.

Dari penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Association for Psychological Science, 24 Mei silam, diharapkan orang yang lebih muda bisa mengambil hikmah untuk meraih kebahagiaan yang lebih baik sebelum mereka menjadi tua.

LIVE SCIENCE | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat:
Tarif Baru KRL | Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah

Berita Terpopuler:
Jadi Tersangka, Farhat Abbas Dicoret sebagai Caleg
Jokowi Berpeluang Jadi Calon Presiden dari PDIP
Dokter: 'Burung' Muhyi Tak Bisa Disambung Lagi
Bertemu Ganjar, Bibit Teringat Pesan Mega
Cara KPK Sindir Darin Mumtazah

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/05/30/060484422/Makin-Tua-Makin-Bahagia