Jumat, 10 Mei 2013

Makanan Manis Bisa Picu Sembelit di Pagi Hari - Detikcom

Jakarta - Banyak orang bisa melakukan buang air besar di pagi hari dengan lancar. Namun, justru ada sebagain besar yang mengalami sembelit di pagi hari. Makanan yang mengandung banyak gula ternyata menjadi pemicu sembelit ini.

Segelas air lemon hangat sangat efektif untuk mengatasi sembelit. Namun ada juga makanan yang menjadi penyebab utama terjadinya sembelit. Seperti makanan manis juga makanan berlemak.

Menurut Lyssie Lakatos, RD, seorang ahli gizi terdaftar di Manhattan, makanan manis seperti cookies, kue basah dan biskuit cenderung akan memberikan efek sulit buang air besar. Kandungan serat dan cairannya yang rendah akan sangat berpengaruh besar pada proses pembuangan feses.

Kandungan gula dan lemaknya yang tinggi dapat meningkatkan risiko sembelit kronis. Karena itulah Lakatos menyarankan untuk lebih memilih makanan berserat tinggi seperti buah segar untuk disajikan sebagai hidangan penutup ataupun camilan guna mencegah sembelit.

Meskipun semua buah baik untuk dikonsumsi, namun perhatikan juga jenisnya. Jika menyukai buah pisang sebaiknya pilih yang matang karena mengandung tinggi serat larut. Sedangkan buah pisang yang masih mengkal justru mengandung sedikit serat larut yang bisa menyebabkan sembelit.

Makanan berserat tinggi ternyata akan membantu mendorong limbah di dalam usus. Fesespun bisa keluar dengan lancar dan tanpa rasa sakit. Dengan begitu kegiatan di pagi haripun tidak akan terganggu lagi.

(odi/dyh)

http://food.detik.com/read/2013/05/10/062624/2242158/900/makanan-manis-bisa-picu-sembelit-di-pagi-hari?d991101284