Minggu, 26 Mei 2013

Makanan & Gaya Hidup yang Wajib Dihindari Bumil

PADA masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi terbaik untuk kesehatan dirinya sekaligus pertumbuhan janin. Oleh karena itu, kondisi mereka sangat ditentukan oleh jenis makanan yang dikonsumsi.

 
Ada beberapa pilihan makanan sekaligus gaya hidup yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga kondisinya tetap baik dan pertumbuhan janin, sebagaimana saran Dr Sonia Wibisono.
 
- Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan zat aditif atau zat tambahan pangan, karena makanan ini dikhawatirkan dapat membahayakan bagi janin Anda.
 
- Kurangi makanan berkalori tinggi yang hanya mengandung gula, lemak, dan kurang mengandung zat gizi lainnya, seperti makanan siap saji, minuman bersoda, dan goreng-gorengan. Hal ini karena dapat memicu terjadinya obesitas atau kegemukan berlebih pada ibu hamil.
 
- Sebaiknya tidak mengonsumsi kafein berlebihan, karena kafein yang banyak terkandung di dalam kopi dan cokelat dapat meningkatkan tekanan darah dan membahayakan kesehatan ibu hamil, serta janinnya.
 
- Apabila terpaksa harus mengonsumsi makanan kemasan, maka label dan masa berlaku harus diperhatikan dengan baik.
 
- Masaklah makanan dengan baik, terutama saat mengolah daging karena kemungkinan masih mengandung kuman.

- Sebaiknya ibu hamil menghindari lingkungan yang berpolusi dan menjauhi asap rokok.

- Sang ibu yang memiliki kebiasaan merokok atau meminum beralkohol harus menghentikan. Kebiasaannya selama masa kehamilan karena sangat berbahaya bagi janin.

- Hindari penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan dokter. 

"Ingat ya ibu, selama masa kehamilan nutrisi yang dikonsumsi dapat membantu mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi, berikan nutrisi yang terbaik dengan memperhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan," saran Dr Sonia dalam surat elektronik yang diterima Okezone, belum lama ini.
(tty)

Source : http://health.okezone.com/read/2013/05/24/483/812267/makanan-gaya-hidup-yang-wajib-dihindari-bumil