Sabtu, 18 Mei 2013

Langsing Kilat dengan Pepaya

BANYAK makanan yang dapat membantu keberhasilan diet seseorang. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi buah pepaya.

Dalam diet, tidak ada makanan tunggal yang menjamin penurunan berat badan. Jadi cara terbaik menurut National Institutes of Health ialah dengan mengaplikasikan pola kombinasi makan diet rendah kalori bergizi seimbang dengan peningkatan aktivitas fisik. Jadi, semakin Anda banyak mengeluarkan kalori, makin cepat berat badan susut.

Untuk menyukseskan program tersebut, salah satu hal terbaik ialah memilih makanan yang tepat. Salah satu yang bisa dipilih ialah pepaya dimana buah ini sangat rendah kalori dan memiliki aneka ragam vitamin.

Sayangnya, selama ini banyak orang tidak meyakini jika pepaya bisa menyukseskan diet seseorang.  Mereka banyak berpendapat bahwa pepaya hanya sekadar membantu melancarkan pencernaan saja. Padahal, manfaat dari mengonsumsi pepaya tidak sebatas itu. Ada manfaat sehat lainnya yang lebih penting, di antaranya sebagai berikut.

Kandungan pepaya mencukupi kebutuhan vitamin C harian

Buah yang mempunyai rasa manis ini sangat banyak sekali manfaatnya. Satu potong pepaya dapat menyediakan 55 kalori, 86,5 miligram vitamin C, dimana merupakan 144 persen dari asupan yang diperlukan untuk tubuh. Lalu, pepaya juga mempunyai 31 persen vitamin A. Sehingga dari semua manfaat itu, pepaya dapat menjadi makanan yang baik untuk para pengidap obesitas dan yang menginginkan bebas dari kolesterol.

Efektif menurunkan berat badan

Dengan nilai kalori mencapai 120 per porsi, pepaya sempat dikategorikan sebagai 20 makanan terbaik penghilang lemak oleh sebuah majalah Amerika pada tahun 2002. Tentu, secara tidak langsung menegaskan bahwa terdapat hubungan antara penurunan lemak dengan mengonsumsi buah pepaya.

Mengandung enzim papain

Buah pepaya mudah dicerna karena mengandung papain, enzim yang juga membantu menyerap protein dalam tubuh. Selain itu, papain juga dapat membantu pencernaan secara alami, entah saat Anda mengonsumsi daging ataupun makanan jenis lain. Singkatnya, papain kunci penting bagi seorang yang pelaku diet, sebab protein yang diserap cepat ke dalam tubuh dapat membuat stamina Anda terus terjaga. Selain itu juga juga membuat pencernaan Anda terus sehat, dimana kondisi itu pangkal dari kesuksesan dari program diet. Demikian seperti dilansir Livestrong. (ind) (tty)

http://health.okezone.com/read/2013/05/17/486/808384/langsing-kilat-dengan-pepaya