Senin, 06 Mei 2013

Kesadaran Kesehatan Minim, Masyarakat Indonesia Jauh dari ... - Okezone

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH UPDATE
Niken Anggun Nurani - Okezone
Senin, 15 April 2013 14:50 wib

detail berita

Prof. Nila F Moeloek (Runi/Okezone)

MENJADI masyarakat yang sehat memang bukanlah perkara mudah. Kebiasaan dan perilaku hidup sehat yang harusnya diterapkan, tidak begitu saja bisa diadaptasi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
 
Ini terbukti dengan banyaknya lingkungan yang kurang bersih di beberapa tempat di Tanah Air. Perilaku hidup tidak sehat inilah yang menyebabkan banyak penyakit dan membuat kualitas hidup masyarakat Indonesia menurun.
 
“Bagaimana manusia menjaga kesehatan, baik fisik maupun lingkungan sekitar menjadi kunci masyarakat yang berkualitas dan sejahtera. Jika lingkungan tidak sehat, tentu masyarakat akan mudah terjangkit penyakit. Jika sudah sakit, tentu ini berkaitan dengan produktivitas masyarakat,” ungkap Prof. Dr. Nila F Moeloek, dr. SpM, Ketua Persatuan Ahli Mata Indonesia (Perdami) sekaligus Utusan Khusus Presiden untuk MDGs, saat diwawancara secara ekslusif bersama Okezone belum lama ini.
 
Kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup sehat memang masih cukup rendah saat ini. Belum lagi, jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu masih belum berjalan dengan baik sehingga banyak masyarakat yang masih kesulitan untuk berobat saat jatuh sakit.
 
“Kesehatan menjadi penghubung bagi semua aspek kehidupan. Jika kita sakit, maka kita tidak bisa mencari nafkah sebagai income bagi kehidupan sehari-hari. Sistem kesehatan bagi masyarakat kurang mampu juga masih belum berjalan baik, keduanya menjadi faktor yang membuat kesejahteraan masyarakat Indonesia menjadi menurun,” tandas Prof. Nila. (ind)
 
(tty)
  • Kesadaran Kesehatan Minim, Masyarakat Indonesia Jauh dari Sejahtera
  • Duh, 20 Persen Anak Indonesia Kelainan Mata
  • Nutrisi Tentukan Kualitas Generasi Bangsa
  • Angka HIV Tinggi, Target MDG's Belum Tercapai
  • Jaga Lingkungan Bersih, Penyakit Menular Pergi

http://health.okezone.com/read/2013/04/15/482/791663/kesadaran-kesehatan-minim-masyarakat-indonesia-jauh-dari-sejahtera