Senin, 13 Mei 2013

Kejamnya Diabetes: Lelaki Jadi Susah Ereksi, Perempuan Susah ...

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Pada laki-laki, disfungsi ereksi alias impotensi sering dikaitkan dengan riwayat diabetes atau kencing manis. Pada perempuan, diabetes juga memicu gangguan pada fungsi seksualnya. Seperti apa?

"Ada sih memang, diabetes yang menyebabkan neuropati pada perampuan. Dampaknya adalah gangguan perangsangan secara seksual," kata dr Dyah Purnamasari, SpPD dari Divisi Metabolik Endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Senin (13/5/2013).

Gangguan neuropati atau persarafan menurut dr Dyah bisa menyebabkan sensitivitas perempuan terhadap rangsang seksual jadi berkurang. Dampaknya, perempuan menjadi susah terangsang, libido atau gairah seks meredup dan akhirnya susah mencapai orgasme.

Lubrikasi atau pelumasan pada vagina juga terganggu, sehingga hubungan seks terasa tidak nyaman. Secara alami, lubrikasi hanya terjadi bila perempuan mendapatkan cukup rangsangan sementara gangguan neuropati membuat sensitivitas terhadap rangsang seksual berkurang.

Meski demikian, dr Dyah mengatakan bahwa pengaruh secara fisik seperti ini sangat kecil sehingga bisa dikatakan kurang terlalu signifikan. Diabetes justru lebih banyak mempengaruhi fungsi seksual secara psikis, bukan secara fisik seperti disfungsi ereksi pada laki-laki.

"Paling banyak sih faktor psikis, karena diabetes meningkatkan risiko depresi. Kita tahu depresi pada diabetes itu lebih tinggi dibandingkan pada orang sehat. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga mengalami. Karena mereka kan tahu komplikasinya apa saja," kata dr Dyah.

Oleh karenanya, dr Dyah menyarankan pada para pasien untuk selalu terbuka menceritakan masalahnya. Meskipun urusan seksual sering dianggap sebagai hal yang 'private' dan tabu untuk dibicarakan, kenyataannya masalah ini lebih sering dipicu hanya oleh masalah psikis.

(up/vit)

http://health.detik.com/read/2013/05/13/192224/2244734/1390/kejamnya-diabetes-lelaki-jadi-susah-ereksi-perempuan-susah-terangsang?991104topnews