Selasa, 14 Mei 2013

Kalau Ada Saudara yang Derita Kanker Payudara, Waspadalah!

Kalau Ada Saudara yang Derita Kanker Payudara, Waspadalah!

wellbeingbeauty.com

Liputan6.com, Jakarta : Para wanita yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker payudara ada baiknya waspada. Meski faktor genetik atau keturunan hanya 5 persen memengaruhi seseorang terkena kanker payudara, mencegah dengan rutin periksa setahun sekali merupakan upaya yang lebih baik daripada mengobati.

Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), dr. Drajat R. Suardi, SpB(K)Onk, menjelaskan, pertumbuhan sel kanker bisa disebabkan dua faktor yakni internal dan eksternal.

"Internal termasuk genetik tapi bukan keturunan. Hanya 5 persen kanker payudara yang diturunkan," ujar dr Drajat saat dihubungi Liputan6.com, Senin (13/5/2013).

Untuk genetik, lanjut dr Drajat, ada 2 gen yang mengontrol kecepatan pertumbuhan sel kanker. Yakni Oncogen, yang mengontrol percepatan dan Supresorgen sebagai pengontrol perlambatan.

"Percepatan dan perlambatan itu harus seimbang sehingga pertumbuhan sel kanker bisa terkontrol. Kalau salah satu rusak, maka jadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan itu karena virus," jelasnya.

Namun, kanker payudara menurut dokter yang berpraktik di RS Santo Borromeus Bandung itu tak cukup dipicu faktor internal. Jika internal saja maka tak akan tercipta kanker payudara.

"Jadi harus ada eksternal. Makanya harus hidup sehat. Kanker itu multifaktor, tidak bisa satu faktor saja," ujarnya.

Untuk mencegah kanker, dr Drajat tak bosan mengingatkan para wanita agar rutin mengecek kesehatan payudaranya dengan melakukan mammogram dan USG (ultrasonografi) payudara.

"Mammogram dan USG Payudara setahun sekali sehingga bisa diketahui sejak stadium dini," pungkasnya.

(Mel/Abd/*)

http://health.liputan6.com/read/584747/kalau-ada-saudara-yang-derita-kanker-payudara-waspadalah