Jumat, 24 Mei 2013

Ini Rahasia Mooryati Soedibyo Awet Muda dan Aktif di Usia 85 Tahun

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Siapa tak ingin awet muda dan tetap aktif di usia tua? Tentu semua orang menginginkannya. Tidak sulit untuk tetap terlihat segar dan bisa tetap sehat untuk bisa melakukan berbagai macam kegiatan di usia yang tidak lagi muda. Kini, pendiri PT Mustika Ratu Tbk ini menceritakan rahasianya.

"Sangat mudah untuk tetap awet muda dan sehat seperti saya. Kuncinya adalah tetap bersyukur dan selalu merasa bahagia. Jika sudah melakukannya, hati akan terasa ringan dan tidak mudah lelah," imbuh Hj. BRA. Mooryati Soedibyo, S.S., M. Hum, yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)RI, dalam acara press gathering yang dilaksanakan di Restoran Munik, Jl Matraman Raya, Jakarta, seperti ditulis Jumat (24/5/2013).

Meskipun sudah menginjak usia 85 tahun, wanita asal Solo ini masih sangat aktif dan memiliki banyak aktivitas. Bahkan, ia meraih gelar doktornya di bidang Ekonomi saat berusia 80 tahun. Atas prestasinya ini, ia meraih rekor MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia.

Selain itu, pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI) ini juga sangat memperhatikan makanannya. Ia mengurangi konsumsi gula, garam, gajih (lemak), dan gandum berlebihan.

Sebagai seseorang yang mendirikan salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang jamu, ia juga mengakui konsumsi jamu secara rutin memberikan pengaruh besar bagi kesehatannya kini. Sejak muda ia rajin minum jamu. Kebiasaan itu juga masih ia lakukan sampai saat ini.

Hj Mooryati yang saat ini juga sedang aktif sebagai Ketua Umum Acara Puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2013 yang akan diselenggarakan di Bogor pada 29 Mei ini juga mengusahakan untuk istirahat cukup dan tetap berolahraga ringan di sela-sela padatnya aktivitas.

Menurutnya, olahraga adalah kunci sehat bagi semua orang. Dengan berolahraga, tubuh tak hanya mengeluarkan racun-racun tetapi juga memproduksi hormon-hormon yang menimbulkan efek rasa bahagia.

Jika memang ingin memiliki masa tua dengan kondisi tubuh yang sehat, maka kebiasaan yang sehat juga harus dilakukan sejak muda. Namun sayangnya, menurutnya kondisi perkotaan saat ini 'memaksa' penghuninya untuk tidak hidup sehat. Ini yang harus mendapat perhatian lebih dan segera dilakukan perubahan agar masa tua tetap sehat.

(up/up)

Source : http://health.detik.com/read/2013/05/24/072410/2254629/763/ini-rahasia-mooryati-soedibyo-awet-muda-dan-aktif-di-usia-85-tahun