Rabu, 15 Mei 2013

Hewan Peliharaan Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Hewan Peliharaan Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Seorang petugas klinik dan perawatan hewan peliharaan Nature Vet sedang memasukan seekor kucing persia kedalam kandang di Kawasan Tebet, Jakarta, Rabu (16/9). Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, New York--Memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan jantung (CVD). Asosiasi Jantung Amerika menyebutkan manfaat hewan peliharaan tersebut itu dalam ilmiah itu laporan ilmiah seperti dikutip Huffington Post 12 Mei 2013.

Namun, penulis laporan juga mengatakan, "mengadopsi hewan peliharaan, tidak harus dilakukan dengan tujuan utama untuk mengurangi risiko CVD."

Pernyataan itu seesuai dengan penelitian yang menunjukkan efek positif dari kepemilikan hewan peliharaan bagi kesehatan jantung. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa pemilik anjing mendapatkan latihan tubuh 54% lebih banyak dari orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Penelitian menunjukkan hewan peliharaan lainnya juga dapat membantu mengendalikan stres, tekanan darah, kolesterol, dan obesitas. Dengan kata lain, memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kelangsungan hidup pada penyakit jantung.

Namun, penting untuk dicatat, “Bukan berarti seseorang akan lebih sehat dengan memelihara binatang. Tepatnya, memelihara binatang akan menuntun seseorang untuk lebih sehat sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung,” ujar Dr. Glenn N. Levine, MD, yang merupakan profesor di Baylor College of Medicine yang melakukan penelitian ini.

HUFFINGPOST.COM | ANINGTIAS JATMIKA

Topik Terhangat
PKS Vs KPK | Edsus FANS BOLA | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

Baca juga:
10 Langkah Mengelola Diabetes
Udara Kotor Naikkan Risiko Resistensi Insulin
Depkes : Waspada Corona Virus
Makanan Berlemak Bikin Tubuh Letih

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/15/205480444/Hewan-Peliharaan-Kurangi-Risiko-Penyakit-Jantung