Selasa, 07 Mei 2013

Gigi Berlubang di Samping Gigi Baru Tumbuh, Mudah Sariawan ... - Tribunnews

Pertanyaan Pembaca Tribunnews.com:

Assalamualaikum Wr.wb
 
Dokter Anastasia,
 
Gigi atas saya berlubang tapi belum pernah terasa sakit. Namun di samping gigi yang berlubang ini tumbuh gigi yang baru. Saya kadang menderita sariawan di gusi saya, Dok.. Apakah ada dampak negatifnya yang mungkin perlu saya perbaiki, Dok?
 
Terimakasih, Dok.. saya menunggu jawabannya. (Santo, Balikpapan)
 

Jawaban:

Bapak Santo yang baik,

Gigi yang berlubang seyogyanya segera dirawatkan sedini mungkin. Terlebih bila lubang diakibatkan oleh aktivitas ekspansif bakteri penyebab karies gigi. Karena proses perusakannya akan terus berlanjut bila tidak segera dihentikan melalui perawatan dokter gigi.

Bahwa Bapak belum merasakan sensasi rasa sakit pada gigi bukan berarti bahwa kondisinya aman. Kondisi perusakan bisa saja sudah sedemikian meluas hingga mencapai lapisan dentin bahkan lebih dalam lagi, tetapi Bapak belum merasakannya sebagai gangguan. Hal yang bisa saja terjadi karena nilai ambang rasa sakit Bapak sedang cukup tinggi. Sejauh ini masih dapat mentoleransi sensasi rasa anomali yang bisa saja telah muncul sesekali.

Beberapa di antara kita ada yang memiliki kecenderungan ini. Tidak jarang saya temukan di dalam praktek saya sehari-hari. Bahkan ketika bakteri penyebab karies telah menginvasi lapisan tersensitif yakni bagian pulpa, kita masih mengkategorikannya sebagai sensasi rasa yang biasa saja.

Sebaliknya, pada sebagian yang lain.. yang sedang memiliki nilai ambang rasa sakit yang rendah, bahkan terhadap sensasi rasa normal alamiah gigi-geliginya, dapat dirasakannya sebagai sebuah anomali rasa yang telah sedemikian mengganggu.

Derajat rasa sakit individual memang sangat bervariasi. Itulah mengapa adalah bijak sekaligus tepat untuk segera memilih melakukan pemeriksaan dan perawatan ke dokter gigi terdekat yang dipercaya, segera setelah lubang gigi disadari keberadaannya seperti saat ini, Bapak..

Sesuai penuturan Bapak, gigi di samping sang gigi berlubang saat ini sedang dalam proses tumbuh. Dugaan sementara saya, itu gigi di belakang sang gigi berlubang. Nah..saya kira, tiada waktu lagi untuk menunda pilihan segera merawatkan gigi berlubang tersebut, sebelum gigi di belakangnya terlanjur telah tumbuh sempurna dan menutupi area lubang menganga tersebut, andai saja posisi lubang ternyata di bagian permukaan belakang sang gigi. Dan, meski posisi lubang giginya bukan di permukaan belakang, tetap musti segera dirawatkan.

Terkait kondisi rongga mulut Bapak yang mudah menderita sariawan pada area gusi, andai sering dialami, saya sarankan agar segera mengkonsultasikannya pula ke dokter. Terlebih andai sariawan tidak mudah sembuh.

Sariawan merupakan bahasa awam untuk berbagai macam lesi/benjolan yang timbul di rongga mulut. Jenis sariawan yang sering timbul sehari-hari pada rongga mulut disebut Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR).

Gejalanya berupa rasa sakit atau rasa terbakar selama satu sampai dua hari, yang kemudian bisa timbul luka di rongga mulut kita. Pada beberapa kasus hingga membuat kita sulit makan dan minum. Dapat menyerang siapa saja.

Tidak tergantung usia maupun jenis kelamin. Umumnya mengenai mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, serta di langit-langit.

Penyebab utama terjadinya belum diketahui dengan pasti. Namun para ahli menduga banyak hal diantaranya: kekurangan vitamin B12, vitamin C, dan zat besi, dengan infeksi virus serta bakteri sebagai pencetusnya. Selain dugaan reaksi imunologik abnormal yang sedang berlangsung serta kondisi keseimbangan psikologis yang sedang terganggu semisal saat sedang stress, Bapak..

Upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya sariawan adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut serta mengkonsumsi nutrisi yang cukup, terutama yang mengandung vitamin B12, vitamin C, dan zat besi.

Selain upaya senantiasa memanage stress dengan bijak. Meski tampaknya sepele, bila kondisi sariawan yang diderita tidak kunjung sembuh dengan ragam pengobatan, hal itu perlu diwaspadai, Bapak.. Karena beberapa anomali berat semisal kanker rongga mulut bisa diawali oleh symptom sariawan berkepanjangan tersebut.

Kanker rongga mulut memiliki gejala sariawan berkepanjangan selama lebih dari dua minggu, serta kelenjar getah bening di leher terasa sakit dan sedikit bengkak. Selain adanya benjolan-benjolan yang cukup besar di wilayah rongga mulut. Kanker rongga mulut tergolong berbahaya dan sulit disembuhkan karena sebagian terbesar kasusnya baru terdeteksi dalam stadium lanjut, Bapak..

Kanker rongga mulut meliputi kanker pada saluran faring, kanker bibir, lidah, kelenjar liur, gusi, dasar mulut, dan bagian lain mukosa bukal.

Jika ditemukan dalam stadium lanjut, kanker rongga mulut biasanya tidak dapat diangkat lagi karena sudah menyebar jauh hingga kepala, ke kelenjar getah bening di leher, paru-paru, hingga lever.

Demikian penjelasan saya, Bapak.semoga dapat dipahami dengan baik dan keluhannya segera ditindaklanjuti. Salam sehat dari saya untuk Bapak dan seluruh keluarga Bapak.

D-smile, 18 April 2013    11:00 WIB

http://www.tribunnews.com/2013/04/18/gigi-berlubang-di-samping-gigi-baru-tumbuh-mudah-sariawan-saya-takut