Senin, 27 Mei 2013

Dokter Dunia Bahas Kanker di Guangzhou

TEMPO.CO, Guangzhou-Puluhan dokter dari berbagai rumah sakit di dunia berkumpul di Guangzhow, Cina, 24-26 Mei 2013. Mereka menjadi pembicara sekaligus peserta dalam 2013 International (Guangzhou) Forum On Cancer Treatment yang diadakan Fuda Cancer Hospital. Mereka datang dari berbagai negara, seperti China, Canada, Amerika Serikat, Perancis, Rusia, Mesir, Israel, Jerman, Jepang, Australia, Singapura, dan Indonesia.

Dari Indonesia, antara lain, adalah Prof Dr Soehartati G. Guru besar radiologi dari Universitas Indonesia itu menyuguhkan materi tentang strategi baru dalam menangani kanker.  Kepala Departemen Radioterapi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) ini mengatakan penggunana strategi baru dan teknologi tinggi dalam menangani kanker selalu tidak tidak terlepas dari risiko.

Menurut dia, setiap pasien kanker adalah unik. Karena itu, penggunaan "resep" ala buku masak harus dihindari. "Selain itu, biaya pengobatan kanker yang tinggi juga harus dipertimbangkan."  

Prof Kecheng Xu, pimpinan Rumah Sakit Kanker Fuda, yang menjadi penyelenggara forum ini, mengatakan berdasarkan data WHO, sepertiga dari penderita kanker mempunyai harapan hidup yang makin tinggi setelah mendapatkan perawatan konprehensif. Menurut pengalaman di rumah sakitnya, menurut Xu, cryosurgery dan immunotherapy memainkan peran penting dalam pengobatan kanker stadium lanjut.

Cryo adalah teknik terapi untuk mematikan sel-sel tumor dengan melakukan proses pendinginan dengan suhu di bawah – 40 derajat celcius. Dalam proses pembekuan itu, area tumor "ditembak" dengan menggunakan sejumlah jarum yang dipandu dengan USG atau CT scan. "Sel-sela kanker akan beku dan mati tanpa menyebabkan cedera apapun," kata Xu.

Forum internasional untuk penanganan kanker ini untuk kedua kalinya diadakan Fuda Cancer Hospital. Forum pertama diadakan pada Mei 2012 yang juga dihadiri dokter ahli dari berbagai negara dan wilayah seperti Amerika Serikat, Jepang, Rusia, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Cina. Kali ini, pada hari pembukaan, Sabtu, 25 Mei 2013, juga diwarnai dengan testimoni mantan pasien kanker rumah sakit itu yang telah sembuh, beberapa di antaranya dari Indonesia.

MJSTAFA ISMAIL

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/05/27/060483394/Dokter-Dunia-Bahas-Kanker-di-Guangzhou