Jumat, 24 Mei 2013

Dokter Bedah di RSUD Waled Cirebon Suka 'Nyodok' Sebelum ...

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Cirebon, Operasi bedah di rumah sakit bukan pekerjaan mudah, sangat melelelahkan baik secara fisik maupun mental. Biar para dokter tidak stres, RSUD Waled Cirebon punya fasilitas unik di samping kamar bedah yakni meja biliard alias bola sodok dan ruang karaoke!

"Kadang kita harus operasi jam 12 malam. Dokter sudah datang semua, peralatan sudah siap, tapi operasi belum bisa dilakukan. Nah sambil nunggu kita bisa main bilyard atau karaoke," kata dr Iskandar Sarumpaet, SpB, Kepala Instalasi Bedah RSUD Waled Cirebon di sela-sela media tour Kementerian Kesehatan di RSUD Cirebon, Rabu (22/5/2013).

Menurut dr Iskandar, tersedianya fasilitas relaksasi cukup penting mengingat pekerjaan para dokter bedah sangat menguras energi fisik maupun mental. Bermain bilyard maupun karaoke sangat membantu meredakan stres, sehingga para dokter bisa lebih produktif dalam menjalankan pekerjaannya.

Ditambahkan oleh dr Iskandar, tidak banyak rumah sakit yang menyediakan fasilitas seperti ini. Dalam beberapa kunjungan untuk studi banding dari rumah sakit lain, kebanyakan merasa tertarik dengan adanya fasilitas seperti ini.

Beban kerja para dokter di instalasi bedah RSUD Waled Cirebon memang cukup tinggi. Sebagai satu-satunya rumah sakit besar di wilayah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, RSUD Waled melayani sekitar 500 operasi tiap bulan. Durasinya sangat bervariasi tergantung jenis tindakannya.

"Yang jelas semua merasakan manfaatnya (ada fasilitas relaksasi). Yang tadinya tidak tahu bilyard, jadi bisa main," kata dr Iskandar.

Bahkan menurut dr Iskandar, tidak jarang para dokter melakukan diskusi sambil bermain biliard. Dalam suasana rileks dan akrab, diskusi tentang tindakan operasi terkadang bisa berjalan membuahkan ide-ide yang mungkin tidak terpikirkan saat dalam kondisi stres.

Tidak hanya menyediakan sound system yang bagus, ruang karaoke di samping kamar bedah RSUD Waled Cirebon juga dilengkapi dengan kursi pijat. Usai melakukan operasi yang melelahkan, dokter-dokter bisa sejenak melepas penat dengan karaoke sambil pijat.

(up/vit)

http://health.detik.com/read/2013/05/22/070428/2252466/763/dokter-bedah-di-rsud-waled-cirebon-suka-nyodok-sebelum-operasi?991104topnews