Minggu, 26 Mei 2013

Dikira Sombong, Brad Pitt Idap Penyakit Langka Sulit Kenali Wajah

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Sering dikira sombong karena lupa dengan orang-orang yang pernah ditemui, Brad Pitt, sang aktor tampan Hollywood, akhirnya buka kartu. Dalam sebuah wawancara dengan majalah terkenal, Esquire, dia mengaku sulit mengenali wajah. Diduga dia mengalami kelainan langka.

"Begitu banyak orang membenci saya karena mereka mengira saya tidak menghargai mereka. Saya akan memeriksakannya," kata Brad Pitt dalam wawancara tersebut seperti dilansir Medical Daily, Sabtu (25/5/2013).

Brad Pitt percaya dia mengalami penyakit buta wajah atau dikenal dengan sebagai Prosopagnosia. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani 'prosopon' yang berarti wajah dan 'agnosia' yang berarti ketidaktahuan. Kondisi ini rupanya menyebabkan Pitt mengalami ketidaknyamanan dengan sekitarnya.

"Saya bersumpah demi Tuhan, saya perlu waktu 1 tahun di mana saya mengatakan, tahun ini saya akan berupaya mengatasinya dan berkata kepada orang-orang, 'Oke, di mana kita pernah bertemu?' Tapi itu membuatnya lebih buruk. Orang-orang jadi makin tersinggung," kata suami Angelina Jolie.

Aktor berumur 49 tahun ini sampai-sampai perlu dibantu orang lain atau malah meminta petunjuk, kapan pastinya dia pernah bertemu dengan orang yang menyapanya. Tapi tetap saja, dia mengaku sudah membuat jengkel banyak orang, padahal Pitt pun bingung dengan kondisinya.

Prosopagnosia agaknya lebih umum dari yang diperkirakan sebelumnya. Menurut Ken Nakayama, seorang profesor psikologi di Harvard, ada sekitar 100 kasus Prosopagnosia yang berhasil didokumentasikan sampai beberapa tahun yang lalu. Tapi penelitian tahun 2006 menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 50 warga AS mengidap Prosopagnosia.

"Itu besar. Ini adalah kejutan yang nyata," kata Dr Thomas Gruter dari Institute of Human Genetics di Munster, Jerman yang meneliti tentang Prosopagnosia sekaligus mengidap penyakitnya.

Pada pengidap Prosopagnosia, gejalanya bisa bervariasi. Biasanya penderitanya tidak memiliki kesulitan membedakan antara mata dengan hidung, atau mengenali bahwa bagian tubuh tersebut adalah wajah. Yang sulit adalah mengenali karakteristik yang sama ketika melihat wajah untuk kedua kalinya.

Pada beberapa kasus yang cukup ekstrim, penderita penyakit ini bahkan tidak bisa mengenali wajahnya sendiri di cermin. Misalnya Gaylen Howard (40 tahun) asal Colorado yang mengaku bahwa ketika ia berdiri di depan cermin toilet yang ramai, dia akan membuat wajah lucu agar bisa mengenali yang manakah wajahnya.

Penelitian juga menemukan bahwa pengidap Prosopagnosia cenderung memiliki kerabat yang memiliki frekuensi gangguan lebih tinggi dari biasanya. Gangguan ini nampaknya disebabkan oleh adanya kecacatan dalam gen. Jadi jika seseorang mengidap Prosopagnosia, ada kemungkinan 50 persen anaknya akan memiliki kondisi yang sama.

Sayangnya, stigma sosial yang melekat terhadap pengidap penyakit ini adalah dianggap malas atau tidak peduli. Bagi Brad Pitt, penyakit ini cukup membuatnya sakit kepala sehingga dia mengaku enggan pergi keluar rumah.

"Itu sebabnya saya tinggal di rumah. Anda bertemu begitu banyak orang. Dan kemudian Anda bertemu mereka lagi," katanya.

(pah/up)

Source : http://health.detik.com/read/2013/05/25/135840/2255749/763/dikira-sombong-brad-pitt-idap-penyakit-langka-sulit-kenali-wajah