Rabu, 15 Mei 2013

Cegah Kantuk di Siang Hari? Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

OKEHEALTH | DETAIL HEALTH & FIT
Helmi Ade Saputra - Okezone
Selasa, 14 Mei 2013 13:46 wib

detail berita

Ngantuk di kantor (Foto: Google)

SETIAP orang pernah mengalami rasa kantuk yang luar biasa ketika sedang beraktivitas pada siang hari meskipun sudah tidur dengan cukup pada malam harinya. Lantas, bagaimana cara tepat untuk meminimalisasi gangguan tersebut?

Menurut sebuah studi, makanan yang Anda makan dapat memengaruhi tingkat  kantuk dan kewaspadaan saat menjalani aktivitas di siang hari. Hal ini tentu merugikan bagi Anda yang melakukan aktivitas padat sepanjang hari.

Tingginya konsumsi lemak memengaruhi meningkatnya rasa kantuk di siang hari saat beraktivitas. Sementara itu, mengkonsumsi karbohidrat tinggi dapat memengaruhi peningkatan kewaspadaan seseorang.

Dalam sebuah penelitian, tingkat kantuk seseorang yang sehat dinilai oleh peneliti mencapai level 31, bebas obesitas, rentang usia 18 sampai 65 tahun dan tidur dengan waktu normal. Kemudian, para peneliti juga melihat makanan yang mereka makan.

"Peningkatan konsumsi lemak memiliki efek buruk pada kewaspadaan dan efek buruk kesahatan lainnya bagi orang dewasa," ujar Dr. Alexandros Vgontzas, peneliti sekaligus profesor psikiatri Penn State College of Medicine dalam rilis berita American Academy of Sleep Medicine yang dilansir Health24.com. (ind) (tty)

  • Telur, Rahasia Tubuh Energik Pria
  • Hindari Stroke, Jangan Malas Periksa Tekanan Darah
  • Cegah Kantuk di Siang Hari? Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak
  • Asupan Sehat Penangkal Kanker Payudara
  • Tiga Cara Sederhana Lancarkan Siklus Haid

http://health.okezone.com/read/2013/05/14/486/806717/cegah-kantuk-di-siang-hari-kurangi-konsumsi-makanan-berlemak