Jumat, 31 Mei 2013

Cegah Alzheimer dengan Kayu Manis

Cegah Alzheimer dengan Kayu Manis

Liputan6.com, London : Rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu pembangkit selera pada makanan, ada yang menggunakannya sebagai obat alami. Misalnya kayu manis, bumbu dengan nama latin Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya mencegah penyakit pikun atau Alzheimer.

Selama bertahun-tahun, laporan medis telah menunjukkan kayu manis dengan jenis dan dosis tertentu bisa membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Penelitian lain telah menemukan bahwa kayu manis bisa mengurangi peradangan, memiliki efek antioksidan, dan bahkan melawan bakteri.

Selain itu, seperti dilansir Care2, Kamis, (30/5/2013) kayu manis dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Peneliti dari University of California, Santa Barbara, menemukan senyawa cinnamaldehyde dan epicatechin (hal-hal yang memberikan baik bau dan rasa) yang terkandung dalam kayu manis bisa membantu menghentikan kusutnya protein yang dikenal dengan istilah neurodegeneratif memori dari pembentukan di otak. Penelitian ini diterbitkan dalam The Journal of Alzheimer’s Disease,

Menurut penelitian, protein lebih cenderung membentuk gumpalan dan kusut di usia orang-orang dengan penyakit Alzheimer. Penelitian ini masih tahap awal, dan para petugas medis ragu-ragu merekomendasikan dosis tinggi kayu manis sebagai penangkal Alzheimer, peneliti terus mengembangkan hal ini. (Mia/Mel)

http://health.liputan6.com/read/600392/cegah-alzheimer-dengan-kayu-manis