Minggu, 19 Mei 2013

Cahaya Gelap & Makanan Asin Pereda Migrain

INILAH.COM, Jakarta - Migrain adalah jenis sakit kepala yang umum menyerang wanita. Sebanyak 75% wanita atau tiga dari empat wanita adalah sering diserang migrain.

Pada umumnya, penyakit ini disebabkan siklus menstruasi, namun beberapa faktor lainnya juga dapat memicu serangan ini seperti stres, makanan tidak sehat, alkohol, kurang tidur atau bahkan perubahan cuaca.

Jika Anda adalah salah satu yang sering diserang migrain, ada baiknya mengupayakan pengobatan alami selain dari pengobatan dengan obat-obatan dari bahan kimia.

Mengutip geniusbeauty, beberapa langkah ini bisa dicoba untuk meredakan migrain Anda.

Kafein

Kafein berfungsi membatasi pembuluh darah dalam tubuh sehingga bisa mencegah atau mengurangi rasa sakit ketiga migrain menyerang.
Ini mengapa kafein sering kali ditambahkan dalam obat-obatan kimia.

Namun yang diingat jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan ketergantungan dan justru sakit kepala yang lebih hebat.

Pijat kedua sisi wajah Anda hingga ke jidat (temple massage)

Ini terkadang menjadi reaksi yang alami yang dilakukan orang ketika mereka pusing atau sakit kepala.

Obat minyak gosok

Daripada sering minum obat, menggunakan minyak gosok juga membantu meredakan sakit. Kandungan peppermint memberikan rasa menenangkan. Beri sedikit tekanan atau gesekan ketika menggunakan untuk menghasilkan rasa panas dan merangsang sirkulasi darah.

Pastikan kepala tetap dingin dan badan tetap hangat

Ketika migrain menyerang Anda ketika di rumah, berendam air hangat bisa menjadi terapi. Namun ini tidak berlaku untuk kepala. Sementara badan Anda hangat, kepala Anda harus tetap dingin, caranya yaitu dengan menempatkan kantong es di jidat Anda.

Ini akan membuat pembuluh darah dalam tubuh membesar tapi tidak dibagian kepala. Lalu darah akan mulai mengalir dari kepala dan berfungsi untuk meringankan rasa sakit.

Matikan lampu

Migrain paling sensitif terhadap cahaya. Matikan lampu atau buat dengan cahaya yang redup, ini bisa mengurangi rasa sakit.

Makan makanan yang asin

Misalnya kentang goreng yang ditaburi garam akan meredakan nyeri serangan migrain. [mor]

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1989995/cahaya-gelap-makanan-asin-pereda-migrain